Bersiap, Tilang Elektronik akan Mengintai Motor!

Bersiap, Tilang Elektronik akan Mengintai Motor!
Sabtu, 7 Desember 2019 09:00
Brian

Sistem tilang elektronik atau yang bernama Electronic Law Enforcement (E-TLE) telah berlaku untuk mobil. Tidak berhenti sampai disitu, Polda Metro Jaya akan memberlakukan sistem yang sama untuk sepeda motor. Kabarnya E-TLE untuk sepeda motor akan mulai berlaku pada tahun 2020.

"Untuk sepeda motor mulai tahun depan sudah diberlakukan," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Adi Pramono di sela-sela peluncuran inovasi ETLE, seperti dilansir dari Antaranews di Jakarta, Kamis (5/11).

   Baca Juga: Kewajiban Pengendara Yang Menyaksikan Kecelakaan Lalu Lintas

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan riset mengenai posisi kamera yang dapat merekam pelanggaran lalu lintas oleh pesepeda motor. Menurutnya kamera yang digunakan untuk tilang elektornik harus bisa merekam tanda nomor kendaraan bermotor.

tilang online

 

"Jadi gini, sedang kami setting nih untuk TNKB-nya itu dengan posisi agar bisa terekam. TNKB motor ini kan berbeda-beda, tidak sama dengan mobil," ujarnya kepada Antara. Yusuf pun menyebutkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sebelum menerapkan E-TLE sepeda motor.

   Baca Juga: Tabrak Pengendara Motor Lawan Arah, Siapa yang Salah?

Sebagai tambahan informasi, pada November 2018, Dirlantas Polda Metro Jaya telah mengembangkan sistem tilang elektronik. Pada saat itu telah terdapat 12 kamera terpasang di kawasan Sudirman-Thamrin. Pada 2019, jumlah kamera ditambah sebanyak 45 yang berasal dari dukungan Pemprov DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.