Biar Makin Jago, Begini Tips Saat Berkendara Off-Road

Biar Makin Jago, Begini Tips Saat Berkendara Off-Road
Minggu, 18 Oktober 2020 14:00
Thio Pahlevi

Berkendara off-road tentunya memiliki perbedaan dengan cara melibas lintasan aspal mulus. Saat menunggang motor di jalanan tidak rata, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman dan nyaman. Oleh sebab itu, Yamaha Riding Academy (YRA) punya beberapa tips awal saat ingin riding motor, khususnya dengan Yamaha WR 155R yang memiliki tagline 'The Real Adventure Partner' ini.

Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan tips ini bertujuan untuk memberikan pemahaman cara riding off-road yang tepat. Selain itu, guna merasakan pengalaman berkendara yang berbeda dan lebih percaya diri.

   Baca Juga: Kronologi Valentino Rossi Dinyatakan Positif Covid-19

"YRA memiliki panduan teknik riding yang tepat bagi konsumen yang saat ini makin suka mengendarai WR 155R. Kami memberikan informasi ini agar konsumen kian menikmati riding di jalur on road maupun ketika fun adventure di jalur terabas," kata Anton.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan?

Saat akan naik motor, pastikan posisi pengendara di sebelah kiri motor karena lebih memudahkan, lalu melepaskan standar samping. Selanjutnya, posisikan handle atau stang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

Yamaha WR 155R

 

Sementara itu, ketika berhenti pastikan berada di tanah rata atau gundukan, supaya menjaga keseimbangan motor. Lebih lanjut, posisikan motor pada gear 1 dan tuas kopling ditarik agar mesin motor tidak mati sehingga memudahkan untuk menjalankan motor kembali. Disarankan menggunakan kaki kiri untuk menapak ke jalan saat akan berhenti dan motor jalan kembali.

Jika akan turun dari motor, gunakan gear 1 saat di jalan tidak rata agar motor tak bergerak dan netralkan gear ketika di jalan rata. Selanjutnya, matikan mesin motor.

Langkah berikutnya, belokan stang ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak. Setelah itu, pengendara turun ke sebelah kiri motor.

   Baca Juga: Tes Akselerasi Kymco GP 125, Seberapa Kencang?

Tips yang tak kalah penting adalah ketika dalam kondisi berbelok. Arahkan pandangan ke arah tujuan berikutnya supaya fokus ke jalur yang akan dituju dan mengetahui kondisi di jalur tersebut. Atur juga power motor dengan pengoperasian gas yang halus agar ban tidak selip.

Kemudian, posisi badan melawan kemiringan motor (lean out) dan duduk agak maju agar mudah memegang handle. Posisi kaki mendekap tangki motor (bagian luar tikungan) dan bagian kaki lainnya (bagian dalam tikungan) diluruskan agar keseimbangan motor tetap terjaga. Terakhir, jika belum mengenal jalur dengan baik, gunakan kecepatan rendah atau yang aman agar tetap safety.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.