Bikin Rugi! Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mencuci Motor

Bikin Rugi! Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mencuci Motor
Rabu, 14 April 2021 14:00
Thio Pahlevi

Merawat motor agar tetap awet salah satunya dapat dilakukan dengan mencucinya secara rutin. Hal ini tentunya bisa membuat tampilan motor tetap terjaga dan menghindari timbulnya karat. Namun, ternyata terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci motor.

Kesalahan saat mencuci motor dapat berpotensi merusak beberapa komponen. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci motor, misalnya pada produk Honda BeAT?

   Baca Juga: Tren Motor Bebek Menurun, Yamaha: MX King Diminati di Luar Jawa

Berdasarkan buku pedoman pemilik Honda BeAT, disebutkan beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Pertama, disarankan jangan menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Hal tersebut dapat merusak part-part yang bergerak dan sistem kelistrikan, sehingga menyebabkan komponen tersebut berisiko tidak berfungsi.

Cuci motor dan rantai motor

 

Selain itu, air di dalam saluran udara dapat terhisap masuk ke dalam throttle body dan/atau memasuki saringan udara. Hal selanjutnya yang sebaiknya tidak dilakukan ketika mencuci motor adalah jangan arahkan air ke saringan udara. Air di dalam saringan udara dapat menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan.

   Baca Juga: Perdana Tunggangi Aprilia RS-GP, Dovizioso: Ini Motor yang Mudah

Terakhir, jangan mengarahkan air langsung ke sekitar lampu depan. Jika dilakukan, lensa bagian dalam dari lampu depan dapat berembun sementara setelah pencucian atau saat berkendara di tengah hujan. 

Ini tidak berdampak pada fungsi lampu depan. Namun, jika Anda melihat akumulasi air atau es dalam jumlah banyak di dalam lensa, bawa kendaraan ke bengkel resmi Honda atau AHASS untuk diperiksa.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.