Bisa Berlari Kencang, Seberapa Panas Temperatur Motor di MotoGP?

Bisa Berlari Kencang, Seberapa Panas Temperatur Motor di MotoGP?
Sabtu, 29 Februari 2020 15:00
Thio Pahlevi

Motor-motor di ajang balap MotoGP tentunya dapat berlari hingga kecepatan lebih dari 200 Km/Jam. Tak hanya itu, motor tersebut juga dapat bermanuver di tikungan dengan kecepatan tinggi.

Performa terbaik tersebut juga sejalan dengan suhu panas yang dihasilkan tiap komponen motor. Bahkan, beberapa komponen membutuhkan suhu panas tersebut agar performanya maksimal. Lalu, berapakah temperatur motor MotoGP saat berlari di atas lintasan sirkuit?

   Baca Juga: Valentino Rossi Buka Suara Soal Penggantian Dirinya dengan Fabio Quartararo

Dilansir dari Box Repsol, komponen yang membutuhkan suhu panas adalah ban. Ban memiliki suhu sekitar 100° C agar daya cengkramnya optimal.

Komponen motor MotoGP

 

Selanjutnya, komponen yang menjadi panas adalah bantalan rem karbon yang bisa mencapai suhu berkisar antara 200° C dan 800° C saat digunakan penuh. Pun demikian dengan kaliper rem yang memiliki suhu mencapai 200° C.

   Baca Juga: Basis Mesin Sama, Lebih Kencang Honda BeAT Baru atau Genio?

Di sektor suspensi, suhu panas cenderung menyesuaikan dengan suhu sekitar, khususnya suspensi depan. Akan tetapi, pada suspensi belakang bisa memiliki temperatur hingga 70° C. Penyesuaian viskositas pelumas suspensi belakang dengan suhu panas sekitar ini juga sangat penting.

Terakhir, komponen yang menghasilkan panas tertinggi tentu saja di bagian mesin. Tingkat panas mesin ini bisa mencapai suhu berkisar mulai dari 1800° C hingga 2500° C.

Komponen motor MotoGP

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.