Bukan Sekedar Gaya, Alasan Helm Off-Road Punya Desain Berbeda

Bukan Sekedar Gaya, Alasan Helm Off-Road Punya Desain Berbeda
Minggu, 3 Oktober 2021 09:00
Brian

Setiap bentuk helm memiliki peruntukkannya masing-masing sesuai dengan penggunaannya. Salah satu bentuk helm yang paling berbeda adalah helm off-road. Helm off-road punya desain berbeda bahkan dibuat tanpa kaca yang menempel di helm, lantas apa alasan bentuknya berbeda?

Johannes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan setiap bentuknya memiliki desain yang berbeda. Mulai dari moncongnya yang memiliki desain pelindung rahang yang lebih panjang. Lucky sapaan akrabnya mengatakan desain tersebut agar membuat pengendara off-road memiliki sirkulasi nafas yang lebih memadai.

   Baca Juga: Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Sering Sein Kiri Tapi Belok Kanan

"Riding gear untuk off-road memang berbeda, sepatu saja dibuat lebih kaku agar kaki tidak mudah cedera. Begitu juga pada helm, dia punya desain yang lebih moncong supaya sirkulasi pernapasan pengendaranya lebih leluasa," ujar Lucky saat ditemui awak media beberapa waktu lalu di Cikarang, Jawa Barat.

CRF150L Off-Road

Kemudian di bagian atas sebuah helm off-road, dibuat topi yang cukup panjang. Lucky menyebutkan topi tersebut dibuat agar dapat melindungi pengendara dari kerikil atau bebatuan yang melayang. Sehingga pengendara dapat terlindungi dan pengelihatan juga tidak terganggu.

   Baca Juga: Cara Mengecek Oli Transmisi Motor Matik, Cukup Pakai Obeng!

"Nah topinya itu untuk menghindari kalau ada batu atau pasir yang terbang saat melintasi jalan off-road. Kan kalau motor off-road itu cipratannya bisa kemana-mana. Nah dengan adanya topi tersebut bisa menahan adanya cipratan agar tidak terkena mata," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.