Cara Kerja Gigi Mundur Piaggio MP3 500 Sport Advance

Cara Kerja Gigi Mundur Piaggio MP3 500 Sport Advance
Sabtu, 14 November 2020 10:00
Brian

Piaggio MP3 500 Sport Advance merupakan skutik berkapasitas besar yang mempunyai konfigurasi roda tiga. Skutik versi terbaru itu pun kini dihadirkan oleh PT Piaggio Indonesia lengkap dengan gigi mundurnya. Kira-kira bagaimana cara kerja dari gigi mundur tersebut?

Yudi Riswanto selaku Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia pun menjelaskan kinerja gigi mundur tersebut. Yudi menuturkan, gerak mundur Piaggio MP3 500 Sport Advance diatur oleh Electronic Control Unit (ECU). Komponen tersebut bekerjasama dengan komponen lainnya seperti sensor kecepatan dan Throttle Position Sensor (TPS).

Gigi mundur Piaggio MP3 500 Sport Advance

 

"Jadi yang ngatur itu ECU, nanti dia kerjasama sama sensor speed, kerja sama dengan TPS. Jadi dia begitu melihat kecepatan 0, grip gas nya 0, dan mesin hidup, maka ketika dipencet R maka solenoidnya standby. Solenoidnya standby ada di bawah, begitu dipencet starter maka dia menyala," ujar Yudi saat ditemui awak media, Jum'at (13/11).

   Baca Juga: VIDEO: All New Honda Scoopy Review dan First Ride - Indonesia | OtoRider

"Jadi disitu ada solenoid, ada gir penyambung, dan ada motornya. Kerjanya itu dari solenoid, begitu dia gerak maka motornya gerak. Solenoidnya bekerja dengan tombol starter, jadi dia kerjasama dengan sensor, ECU, TPS, dan semuanya elektrikal," lanjutnya.

CVT Piaggio MP3 500 Sport Advance

 

Ketika mundur, Piaggio MP3 500 Sport Advance akan mengeluarkan bunyi bip berulang-ulang. Yudi sendiri menuturkan hal tersebut merupakan unsur safety dari motor itu. Menurutnya bunyi tersebut mengingatkan kepada pengendara bahwa motor dalam keadaan gigi mundur.

   Baca Juga: Tanggapan Honda Soal PCX Baru Bakal Masuk Indonesia

"Kalau kita melihatnya sekarang bunyi saat mundur itu adalah faktor safety. Bahkan mobil kan, pokoknya yang dikasih mundur itu harus ada penandanya. Pertama itu motor roda tiga kalau engga ditandain malah engga tau, dikiranya engga mau maju padahal lagi di gigi mundur," tutupnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.