Cara Memasang Busi Motor dengan Benar

Cara Memasang Busi Motor dengan Benar
Sabtu, 1 Februari 2020 08:00
Thio Pahlevi

Pengecekan dan penggantian busi bisa menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan sendiri oleh beberapa biker. Namun, meskipun terlihat mudah, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengganti busi.

Pemasangan busi yang tidak tepat akan berisiko membuat busi menjadi rusak. Lalu, bagaimana cara memasang busi yang tepat? Diko Octavian selaku Technical Support Product Specialist PT NGK Busi Indonesia memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Terungkap! Pembeli Pemula Motor Gede Terpengaruh Sinetron

"Kencangkan pakai tangan dulu. Pastikan busi sudah masuk ke dalam ulir lubang busi. Setelah itu baru kencangkan dengan kunci. Sebab, kalau langsung dikencangkan dengan kunci, khawatir slek di bagian ulirnya," jelas Diko pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Busi

 

Selain itu, pemasangan atau pelepasan busi juga tidak boleh asal. Disarankan untuk tidak melakukan penggantian busi saat mesin dalam kondisi masih panas.

   Baca Juga: Beredar Kabar Valentino Rossi dan Marc Marquez Berkunjung ke Indonesia

"Tidak disarankan (saat mesin panas). Sebab pemuaian bisa terjadi dan bahaya juga buat keamanan si mekanik itu sendiri," ucap Diko.

Sebagai tambahan informasi, busi memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah konstruksi mesin sepeda motor. Fungsi busi adalah untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil Kemudian tegangan tersebut dirubah menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.