Cara Mudah Rawat Suspensi, Jangan Malas Cuci Motor!

Cara Mudah Rawat Suspensi, Jangan Malas Cuci Motor!
Senin, 24 Oktober 2016 17:35
Ilham Pratama

Tak seperti kampas rem dan rantai, suspensi motor tergolong sebagai komponen long moving, alias memiliki jangka waktu penggunaan lama dengan perawatan yang minim. Namun bukan berarti komponen tersebut tak perlu dirawat.

"Agar awet, suspensi juga harus dirawat. Kuncinya jangan malas mencuci motor setelah melewati jalan berdebu, atau sehabis hujan," papar Rully Adam Mangapul, General Manager PT Sena Autopart Indonesia, distributor resmi Ohlins di Indonesia.

Hal ini karena musuh utama suspensi adalah debu dan pasir, terutama saat musim hujan atau sering melewati jalan berdebu. Biasanya debu dan pasir mengumpul di bagian sil debu. Lama kelamaan debu menumpuk dan menjadi keras di bagian tersebut, apalagi yang bagian chambernya di bagian bawah (tabung reservoir di bawah).

Kemudian debu menggerus sil debu yang berbahan karet tersebut. Gejalanya bisa dilihat dari adanya kebocoran oli di shaft suspensi karena bocor rambut. "Tapi kalau dibiarkan bisa jebol dan oli akan habis. Dan kinerja suspensi sebagai peredam kejut sudah tak ada, alias sok mati," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.