Empat Pabrikan Besar Jepang Bekerjasama Kembangkan Motor Listrik

Empat Pabrikan Besar Jepang Bekerjasama Kembangkan Motor Listrik
Senin, 7 September 2020 10:00
Brian

Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki mengumumkan proyek kolaborasi pengembangan sepeda motor listrik. Keempatnya telah menguraikan rencana masing-masing untuk meningkatkan pengembangan. Hal ini terbukti melalui skema pengujian yang akan dilakukan di Osaka, Jepang.

Dilansir dari VisorDown, meskipun keempatnya kerap bersaing sengit, mereka bergabung di tahun lalu dalam upaya mempercepat pemasaran motor listrik. Pengembangan keempat pabrikan ini fokus pada model listrik yang cepat dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan teknologi baterai yang dapat ditukar.

Kawasaki Endeavor

 

Oleh karenanya, Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki membentuk konsorsium untuk mengembangkan baterai tersebut. Hal ini juga menjadi upaya membuat standarisasi teknologi dan memastikan baterai berfungsi di berbagai merek. Kurang lebihnya seperti sebuah smartphone yang memiliki kabel pengisian daya yang sama.

   Baca Juga: BMW Recall Ratusan Motor Karena Stiker Mudah Lepas

Setelah beberapa bulan bekerja sama, keempat pabrikan tersebut mengumumkan peluncuran uji coba e-Yan di Osaka, Jepang. Mahasiswa dan staf Universitas Osaka mendapatkan kesempatan untuk mengendarai motor listrik tersebut. Uji coba stasiun penukar baterai juga dilakukan dalam kesempatan ini.

Baterai Motor Listrik

 

"Sebagai hasil dari studi kolaborasi berulang-ulang di antara empat perusahaan motor, kami dapat berkolaborasi dengan e-Yan OSAKA untuk memverifikasi spesifikasi umum baterai yang dapat diganti," ujar Noriaki Abe dari Honda.

   Baca Juga: Aprilia Tuono X V4 2021 Resmi Hadir, Tersedia Hanya 10 Unit

Namun masih belum jelas apakah proyek ini akan membuka jalan berbagi teknologi pada merek lain selain empat pabrikan Jepang itu. Mengingat bukan hanya pabrikan Jepang saja yang akan bermain di motor listrik. KTM, BMW, Harley-Davidson, dan lainnya juga memiliki rencana untuk masa depan motor listrik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.