Fenomena Motor Speed Wobble, Bagaimana Cara Menghindarinya?

Fenomena Motor Speed Wobble, Bagaimana Cara Menghindarinya?
Selasa, 13 Oktober 2020 06:00
Brian

Beberapa waktu lalu sosial media sempat dihebohkan oleh pengendara yang tidak dapat mengendalikan motornya di Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan. Jalan tersebut, tepatnya dekat Cilandak Town Square memang tidak rata. Sehingga pengendara tersebut terpental dan tidak dapat mengendalikan motornya sampai terjatuh.

Menurut Jusri Pulubuhu selaku instruktur Safety Riding dari Jakarta Defensive Driving Consulting mengatakan pengendara harus 100% fokus kepada jalan. Menurutnya saat ini banyak pengendara yang hanya melihat ke depan tetapi tidak selalu membaca situasi. Padahal melihat dan membaca situasi perlu dilakukan agar dapat mengendarai motor dengan baik.

   Baca Juga: Mau Modifikasi Jok Motor? Perhatikan Dulu 3 Hal Ini!

"Misalnya saya melihat ada orang di bahu jalan, saya klakson orangnya dia noleh. Tapi yang saya lakukan seperti banyak orang adalah membuka gas karena berpikir dia tidak akan menyebrang. Itu namanya sekedar melihat, padahal bisa saja dia tiba-tiba menyebrang karena saya tidak tahu otaknya bagaimana," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider.

Pelatihan safety riding wahana honda

Menurutnya pengendara motor harus lebih siap saat membawa tunggangannya. Sehingga jika pada kasus pengendara terjatuh di dekat Cilandak Town Square menurutnya orang tersebut tidak membaca situasi. Meskipun kondisi jalan yang tidak rata tersebut tidak terlihat, berarti pengendara kurang mengantisipasi.

   Baca Juga: Kenali Perbedaan Antara Ban Bias dan Radial. Apa Keunggulannya?

"Lihat permukaan jalannya gembung tidak? Memang tidak terlalu kelihatan, tetapi kalau Anda tidak terlihat maka jawaban paling tepat adalah kurangi kecepatan. Jangan sampai Anda bilang tidak melihat, jangan-jangan pakai kaca gelap lagi?," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.