First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar

First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar
Jumat, 11 Oktober 2019 18:45
Hieronimus Girindra

Agenda Piaggio Group di Indonesia cukup sibuk tahun ini. Setelah menghadirkan hampir semua lini Vespa, mereka juga membawa dua lini big bike terbaru. Sebelumnya ada Moto Guzzi V85TT, kali ini giliran Aprilia Shiver 900. Itu artinya, peminat moge Tanah Air punya pilihan selain superbike RSV4 yang sudah cukup lama dihadirkan.

Mengusung gaya naked, Shiver 900 menawarkan posisi berkendara cukup tegak. Meski tidak tegak-tegak amat, karena posisi riding agak menunduk ke depan. Buat yang gemar sporty riding, pas banget, nih posisinya. Setang telanjangnya juga tidak terlalu lebar, sehingga cukup moderat ketika diajak meliuk di kemacetan Jakarta, khususnya jalan raya Pondok Indah yang selalu ramai. 

   Baca Juga : Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video

   Baca Juga : Skema Cicilan dan Diskon Aprilia Shiver 900

Kami suka dengan karakternya yang ternyata cukup ringan buat selap-selip. Meski bobotnya cukup berat, sekitar 218 kg, ternyata begitu roda bergulir, tak terlalu berat rasanya. Tangki 15 liter yang cukup lebar, ternyata menyempit di belakang, sehingga tinggi jok 810 mm pun tak terlalu terasa menjulang. 

Urusan tenaga, mesin 896 cc menghasilkan 95 dk dan torsi 90 Nm sudah pasti sangat padat. Sistem injeksi bahan bakar dengan ride by wire memungkinkan hadirnya tiga riding modes, yaitu Rain, Tour dan Sport. Pada sesi berkendara ini, mengingat kondisi lalu lintas padat, kami cukupkan di mode Rain saja. Meski demikian, tarikan terasa sangat kuat saat grip gas diremas agak dalam. 

Dengan karakter itu, uniknya, mesin tidak terlalu terasa panas. Ya, selain kami tidak berkendara terlalu lama dan jauh, memang. Panas terasa di sekitar lutut tanpa merambat jauh ke bagian dalam paha, utamanya saat diam dan kipas radiator menyala. Pada indikator pun terpantau hanya empat bar saja.

Sementara itu, beberapa fitur menarik terpantau di spidometernya yang tampak canggih. Display berwarna dengan layar TFT 4,3 inci memang sangat menarik untuk dipandang. Meski tampak jadi relatif kecil ketimbang bodinya yang besar. Makin menarik, karena hadir juga fitur konektivitas Aprilia MIA yang bisa menghubungkan motor dengan ponsel dan intercom di helm. Anda bisa memainkan lagu, melakukan panggilan telepon, berbincang dengan pembonceng dan rider Shiver lain, atau mendengarkan navigasi.

Lebih lengkapnya, simak video review dan first ride kami berikut ini.

Data Spesifikasi Aprilia Shiver 900:

Mesin: Aprilia 90 V-twin, 4 stroke, liquid cooled, 4-valves per cylinder. Ride by wire with 3 engine maps.
Kapasitas Mesin: 896 cc
Tenaga: 95 dk (70 kW) @8.750 rpm
Torsi: 90 Nm @ 6.500 rpm
Suspensi Depan: Upside down fork 41 mm adjustable in spring preload and hydraulic in rebound damping
Suspensi Belakang: Alumunium alloy swingarm and adjustable preload monoshock
Rem Depan: 320 mm double disc with alumunium flange. Radial, four piston callipers. Metal braided brake hose. ABS
Rem Belakang: 240 mm stainless steel disc. Single piston calliper. Metal braided brake hose. ABS
Ban Depan: 3,5 inch alumunium alloy 3 spoke wheel rim. Tubeless radial - 120/70 ZR 17 Tyre.
Ban Belakang: 6 inch alumunium alloy 3 spoke wheel rim. Tubeless radial - 180/55 ZR 17 Tyre.
Tinggi Jok: 810 mm
Kapasitas Tangki: 15 liter
Berat Kosong: 199 Kg
Berat Isi: 218 Kg
Emisi: Euro 3

Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar Galleri foto First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.