Hal-Hal yang Membuat Anda Tak Lagi Berkendara Menggunakan Earphone, Apa Saja?

Hal-Hal yang Membuat Anda Tak Lagi Berkendara Menggunakan Earphone, Apa Saja?
Minggu, 27 Desember 2020 14:00
Thio Pahlevi

Penyebab kecelakaan di jalan raya umumnya terjadi karena beberapa faktor, seperti manusia, kendaraan, dan lingkungan atau jalanan. Faktor manusia sendiri bahkan diklaim menjadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan. Potensi bahaya di antaranya dapat terjadi ketika pengendara menggunakan earphone untuk sekadar mendengarkan musik saat berkendara.

   Baca Juga: Rayakan Kemenangan MotoGP, Suzuki Hadirkan GSX-R1000R Legend Edition

Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga berbahaya bagi orang lain. Menanggapi hal tersebut, Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora memberikan penjelasannya. Menurutnya, penggunaan earphone dapat menyebabkan pengendara tidak waspada akan adanya suara-suara darurat di jalan raya, seperti klakson, sirine ambulance, sirine polisi, atau bunyi sirine pintu palang kereta api.

Turing ADV150 ke HBD 2019

"Suara atau peringatan tersebut tidak boleh kita abaikan, karena merupakan beberapa peringatan yang bertujuan untuk mengetahui dan mengkondisikan jalan raya agar lebih aman dalam keadaan darurat," jelas Ludhy dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Adu Kencang Yamaha Gear 125 vs Vespa S 125 i-get, Siapa Juaranya?

Ludhy menambahkan, mendengarkan musik dengan volume suara yang keras ketika berkendara dapat menghilangkan fokus seorang pengendara. Karena terlalu asik bernyanyi, bisa saja seseorang membagi konsenstrasi mereka saat berkendara sehingga tidak bisa mengendalikan motor ketika ada situasi bahaya mendadak di jalan raya.

Lebih lanjut, volume suara earphone yang terlalu kencang saat mendengarkan musik juga dapat menghilangkan suara-suara ketika terjadi sesuatu pada kendaraan. "Misalkan ketika ada suara mesin yang tidak biasanya atau pada roda-roda sepeda motor yang kita gunakan sehingga dapat membahayakan pengendara," kata Ludhy.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.