Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menerobos Banjir, Sudah Tahu?

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menerobos Banjir, Sudah Tahu?
Rabu, 24 Februari 2021 09:00
Thio Pahlevi

Hujan yang terjadi beberapa waktu terakhir seringkali menyebabkan jalanan tergenang air bahkan banjir. Kondisi ini tentunya semakin mempersempit ruang gerak pengendara motor. Tak jarang, para pengendara terpaksa menerobos banjir untuk sampai ke lokasi yang dituju. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menerobos banjir.

M. Abidin selaku GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun memberikan penjelasannya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, terdapat beberapa tips agar motor tetap terjaga kala menghadapi kondisi banjir.

   Baca Juga: Usai Alex Marquez, Giliran Nakagami Pamer Motor Honda RC213V-nya

Abidin mengatakan hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui medan dan kondisi jalan. Jika air banjir sudah melebihi knalpot atau saringan udara, maka sebaiknya tidak melewati jalan tersebut.

Trik Musim Hujan

"Apalagi di jalan yang akan dilewati terdapat selokan atau jalan berlubang, air banjir bisa masuk knalpot atau saringan udara. Karenanya kenali medan jalan agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," ujar Abidin dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Kawasaki W175 Cafe Alami Kenaikan Harga, W175 SE Dapat Warna Baru

Selanjutnya, jika terpaksa harus menerobos banjir, perhatikan level ketinggian air. Selain itu, atur bukaan gas yang sesuai ketika melewati genangan. Hal ini diperlukan agar air tidak masuk melalui knalpot.

"Jika terpaksa harus melewati jalanan yang kebanjiran, pastikan ketinggian air masih di bawah knalpot atau saringan udara, lakukan gas motor yang konstan. Jangan tutup gas karena bisa menyebabkan air menutup atau masuk knalpot sehingga mesin motor bisa mati," kata Abidin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.