<
 
Honda Indonesia Belum Menyediakan Fitur ABS Pada Skutik 125 cc, Inilah Alasannya

Honda Indonesia Belum Menyediakan Fitur ABS Pada Skutik 125 cc, Inilah Alasannya

PT Astra Honda Motor (AHM) hingga saat ini belum mau menambahkan fitur Antilock Brake System (ABS) pada skutik berkapasitas 125 cc. Padahal pesaingnya, Yamaha Indonesia telah meluncurkan skutik 125 cc, yaitu Yamaha FreeGo dengan fitur ABS untuk kasta tertinggi.

Nah, inilah alasannya. “Untuk fitur ABS motor berkapasitas 125 cc sampai saat ini belum perlu, karena AHM menggunakan ABS untuk motor berkapasitas 150 cc pada Honda PCX dan CBR150R, sedangkan untuk motor berkapasitas 125 cc masih mengandalan fitur Combi Brake,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM.

Baca juga: Bukan Saja Skutik Kena Sasaran, Yamaha FreeGo Juga Makan Korban Motor Ini

Thomas Wijaya menambahkan, sampai saat ini konsumen Indonesia khususnya di Jakarta, lebih sering menggunakan motor stop and go, daripada menggunakan motor dengan kecepatan tinggi. Selain itu, masih menurutnya, kondisi jalan raya di Indonesia tidak bisa digunakan untuk kecepatan tinggi, serta banyak jalan berlubang dan rusak sehingga tidak dimungkinkan mengendarai motor atau skutik dengan kecepatan tinggi. "Untuk motor berkapasitas 125 cc milik Honda, menggunakan sistem pengereman Combi Brake saja sudah cukup," jelasnya.

Nah, sekadar catatan, kalau sistem Combi Brake Honda terdapat pada skuter mulai dari BeAT hingga Honda PCX kasta terendah. Sejatinya, fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna pemula untuk melakukan pengereman serentak antara depan dan belakang, ketika handle rem sebelah kiri ditekan.

Lanjut Thomas, dalam penggunaan fitur ABS, maka otomatis harga motor akan lebih tinggi sehingga tidak kompetitif untuk ukuran mesin 125 cc. 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id