Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio Group Tandatangani Konsorsium Swap Baterai

Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio Group Tandatangani Konsorsium Swap Baterai
Rabu, 15 September 2021 13:00
Thio Pahlevi

Piaggio Group (PIA.MI), Honda Motor Co., Ltd., KTM AG, dan Yamaha Motor Co., Ltd., secara resmi telah menandatangani perjanjian dalam pembuatan Konsorsium Baterai Sepeda Motor yang dapat ditukar (SBMC). Hal ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan Surat Penawaran (Letter of Intent) pada 1 Maret lalu. Para anggota pendiri konsorsium percaya bahwa ketersediaan baterai yang dikembangkan secara bersama dan dapat saling bertukar adalah kunci untuk pengembangan elektromobilitas yang memiliki tegangan rendah.

Adapun tujuan yang mendasari konsorsium tersebut yaitu agar ditemukannya solusi untuk kekhawatiran yang dimiliki oleh customer terkait masa depan elektromobilitas, seperti jarak tempuhnya, waktu pengisian daya serta infrastruktur, dan biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Semua akan dicapai sesuai dengan empat tujuan utama sebagai berikut:

   Baca Juga: Cocok untuk ke Pantai, Yamaha XSR 155 Custom Usung Konsep 'Moto & Surf'

1. Pengembangan spesifikasi teknis yang umum pada sistem baterai yang dapat ditukar.

2. Konfirmasi penggunaan secara umum sistem baterai.

3. Membuat dan mempromosikan, spesifikasi umum sebuah standar konsorsium yang berada dalam standarisasi badan Eropa dan Internasional.

4. Ekspansi penggunaan spesifikasi umum Konsorsium hingga tahap Global.

Perjanjian konsorsium swap baterai

Melalui kerjasama erat dengan stakeholder dan negara, Eropa serta badan standarisasi internasional yang berkepentingan, para anggota pendiri konsorsium akan terlibat dalam menciptakan standar teknis internasional. Saat ini, ketersediaan stasiun pengisian daya masih bervariasi antar negara dan informasi yang tersedia masih sangat terbatas bagi end user

Oleh karena itu, melalui konsorsium ini, Piaggio, Honda, KTM, dan Yamaha bertujuan melibatkan para pembuat keputusan dalam pengembangan dan penyebaran infrastruktur pengisian daya untuk memajukan peningkatan pada kendaraan listrik ringan. Di antaranya seperti moped, skuter, sepeda motor, sepeda motor roda tiga, dan sepeda motor roda empat.

Penukaran Swap Baterai Smoot

"Mobilitas perkotaan sedang melalui masa transisi yang menantang menuju elektrifikasi. Berkat Konsorsium tersebut, yang diwakili oleh empat brand global besar, sepeda motor akan terus memainkan peran penting dalam konteks perkotaan. Baterai yang dapat ditukar memberikan jawaban yang tepat untuk mempercepat waktu pengisian ulang kendaraan yang menawarkan pilihan tambahan yang berharga bagi pengguna," ujar Michele Colaninno, Kepala Strategi dan Produk Piaggio Group.

Keempat anggota pendiri pun mendorong seluruh stakeholder yang berkepentingan bergabung dengan kerja sama ini agar dapat memperkaya keahlian pada konsorsium dalam upaya terjaminnya difusi standar yang luas untuk patokan baterai yang dapat ditukar. Pihak-pihak yang tertarik bergabung bersama SBMC dapat menghubungi salah satu dari anggota pendiri terkait informasi lebih lanjut.

Motor Listrik Gesits

   Baca Juga: Menguak Arti Nama Motor Aprilia Terbaru, Tuono 660

Yoshishige Nomura selaku Chief Officer, Motorcycle Operations, Honda Motor Co., Ltd mengatakan pihaknya percaya bahwa adopsi sepeda motor listrik secara luas dapat memainkan peran penting dalam mewujudkan masyarakat yang lebih berkelanjutan. Untuk itu, para anggota perlu menyelesaikan beberapa tantangan seperti memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian, dan menurunkan biaya kendaraan serta infrastruktur guna meningkatkan kenyamanan bagi customer

"Dalam Konsorsium yang telah kami buat, anggota pendiri dari industri sepeda motor dan pemangku kepentingan lainnya akan bekerja sama dalam menuju standarisasi baterai yang dapat ditukar, sistem pengisian daya, dan infrastruktur sekitarnya untuk menciptakan lingkungan bagi penggunaannya. Tujuan akhir kami adalah untuk memastikan bahwa sepeda motor akan terus dipilih sebagai metode transportasi yang berguna dalam mobilitas masa depan," jelas Yoshishige Nomura.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.