Ini Daftar Kota Dengan Lalu Lintas Teraman di Indonesia

Ini Daftar Kota Dengan Lalu Lintas Teraman di Indonesia
Selasa, 6 Desember 2016 15:45
Ilham Pratama

Seiring makin banyaknya kendaraan yang beredar di Indonesia keselamatan berkendara menjadi terabaikan. Hasilnya, jumlah kecelakaan terus bertambah dari waktu ke waktu. Berdasarkan data Korlantas Polri, pada tahun 2015 masih tercatat sebanyak 98.970 kecelakaan lalu lintas.

Semakin memprihatinkan, kecelakaan paling banyak melibatkan pengendara dengan usia produktif dengan kerugian yang ditaksir hingga lebih dari Rp 200 triliun pertahun. 

Melihat hal tersebut, Adira Insurance melalui kegiatan Indonesia Road Safety Award (IRSA) sebagai bagian kampanye I Wanna Get Home Safely! mencoba mengajak lapisan masyarakat untuk peduli pada keselamatan berkendara. IRSA sendiri merupakan penghargaan sebagai bentuk apresiasi pada kota dan kabupaten terbaik yang menerapkan program-program keselamatan berkendara.

Ada lima poin penilaian yang menjadi penilaian IRSA 2016 yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku penggunaan jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Setelah proses penilaian, dari 110 peserta ada 17 finalis terpilih dalam empat kategori sebagai bagian kota dengan lalu lintas yang aman di Indonesia. Yakni kota di atas 1 juta penduduk, kota di bawah 1 juta penduduk, kabupaten di atas 1 juta penduduk dan kabupaten di bawah 1 juta penduduk.

"Kami sangat gembira melihat lahirnya program-program inovatif baru yang secara serius diterapkan oleh pemerintah kota maupun kabupaten setempat. Program baru ini diharapkan bisa menjadi langkah preventif yang baik dalam menekan angka kecelakaan jalan di wilayah masing-masing," ujar Indra Baruna, CEO Adira Insurance.

Dan berikut daftar nominator IRSA 2016

Finalis kota berpenduduk di atas 1 juta:

Bogor

Tangsel

Jakarta pusat

Surabaya

Semarang

Denpasar

 

Finalis kota berpenduduk di bawah 1 juta:

Balikpapan

Jambi

Padang

 

Finalis kabupaten berpenduduk di atas 1 juta:

Tangerang

Bandung

Cirebon

Jepara

 

Finalis kabupaten berpenduduk di bawah 1 juta:

Gunung kidul

Pekalongan

Pinrang

Bangka

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.