Ini Dia Wujud Ducati Monster 1200R

Ini Dia Wujud Ducati Monster 1200R

Pameran otomotif Frankfurt Motor Show yang berlangsung di Jerman menjadi tempat diluncurkannya Monster paling bertenaga buatan Italia tersebut, setelah sebelumnya Ducati Monster 1200R nongol di situs resmi mereka. Sesuai namanya, ia menjadi tipe paling tinggi di antara Ducati Monster lainnya seperti 821 Dark dan 1200S. Dengan mesin konfigurasi V-Twin yang telah diracik ulang.

Tenaga sebesar 160 dk dikeluarkan mesin ini pada 9.250 rpm dan torsi hingga 131 Nm di 7.750 rpm, berkat jeroan baru pada 1200R ini. Komposisi komponen barunya meliputi piston, throttle body, knalpot besar, inlet manfold, dan rasio kompresi yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, rem Brembo M50 dengan kaliper empat-piston dan disc brake ganda berdiameter besar 330 mm memberikan keuntungan ketika pengereman keras. Sistem suspensi mumpuni Ohlins Fully-Adjustable 48mm titanium memiliki spesifikasi lebih baik ketimbang Monster terdahulu. Sedangkan untuk ban, 1200R menggunakan pelek 3-spoke terinspirasi dari motor superbike 1299 Panigale, dibungkus oleh ban siap balap Pirelli Diablo Supercorsa SP berukuran 200/55.

Peranti elektronik juga menjadi perhatian disini, Ducati Safety Pack dengan menambah delapan mode traksi yang diatur oleh ABS. Tiga mode berkendara juga dapat dipilih, Sport, Touring, dan Urban. Sport dan Touring sama-sama memiliki tenaga 160 dk, tetapi pada mode Sport akan terasa respon gas yang lebih instan ketimbang mode Touring yang lebih santai. Sedangkan untuk Urban tenaga hanya dikeluarkan 100 dk saja untuk penggunaan dalam kota.

Model 'R' pada Monster terbaru ini ditujukan untuk konsumennya yang lebih berpengalaman, tidak hanya untuk digunakan dijalan raya, namun spesifikasi siap balap pada motor ini memungkinkan si pengendara untuk membawanya pada aksi yang lebih gila lagi! (otorider.com)

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

CarReview.id