Inilah Cara Menjaga Usia Busi Bertahan Lama, Ternyata Mudah!

Inilah Cara Menjaga Usia Busi Bertahan Lama, Ternyata Mudah!
Jumat, 7 September 2018 14:15
Angga M

Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian motor dan berfungsi untuk memercikkan bunga api guna membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi. Setelah arus listrik dihasilkan dari koil pengapian menjadi arus listrik tegangan tinggi, kemudian arus itu dialirkan melalui distributor ke busi melalui kabel tegangan tinggi.

Baca juga: Honda Indonesia Pamerkan Helm Modern Berkelir Putih, Harga Sangat Terjangkau

Nah, jika sepeda motor mengalami kerusakan, pasti hal pertama yang dilihat adalah kondisi busi. Pasalnya, seperti yang diulas tadi, bahwa sumber pengapian sepeda motor dari komponen ini.

“Sebenarnya cara perawatan busi sangat mudah, biasakan lakukan servis satu bulan sekali dan pastikan kondisi sepeda motor tetap terawat supaya tidak ada kerusakan di dalam mesin yang bukan akibat dari busi,” ujar Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Diko menambahkan, sebaiknya jika busi kotor jangan dibersihkan menggunakan amplas. "Jika dilihat busi sudah hitam atau tertutup karbon sebaiknya diganti. Serta perhatikan penggunaan bahan bakar yang disesuaikan dengan sepeda motor, karena jika menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah, otomatis akan mempersulit proses pembakaran, semakin menempelnya kotoran di plak busi, maka api yang dihasilkan untuk pembakaran tidak berfungsi maksimal yang bisa menyebabkan motor akan terdengar nembak pada knalpot," jelasnya lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.