Inilah Jangka Waktu yang Tepat Mengganti Busi, Pasti Bikin Anda Terkejut

Inilah Jangka Waktu yang Tepat Mengganti Busi, Pasti Bikin Anda Terkejut
Kamis, 6 Desember 2018 16:05
Angga M

Busi merupakan kompenen yang penting lantaran berfungsi mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.

Baca juga: Bebek Balap Terbaru Telah Diluncurkan, Inilah Pilihan Warna Dalam Foto

Lalu menjadi pertanyaan, kapan busi harus diganti? Diko Octaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan untuk penggunaan busi jika dilihat dari jarak sebaiknya diganti setiap kelipatan jarak tempuh 6.000 km. "Umumnya pada kelipatan jarak tempuh tersebut, busi sudah mengalami erupsi," jelasnya.

“Kalau busi tidak diganti ketika masuk jarak tempuh 6.000 km atau kelipatannya, maka akan menyebabkan mesin tidak stabil, perfoma mesin menurun, boros bahan bakar dan motor sulit dinyalakan,” ujar Diko Octaviano.

Namun, usia busi sendiri tidak ada batasan baku. Pun begitu, sebenarnya hal tersebut tinggal dilihat dari situasi dan kondisi, bisa dilakukan pengecekan dan tergantung dari kondisi sepeda motor dan busi yang digunakan. Semisal busi iridium pasti lebih baik kemampuannya ketimbang busi regular, dan bisa dilihat lagi mesin motor dalam keadaan standar atau sudah modifikasi kearah peningkatan performa.

“Untuk penggantian busi banyak faktornya, sebaiknya ikuti anjuran bengkel resmi, dan pakailah busi yang sesuai dengan kondisi sepeda motor,” tutupnya.

Kaget ya kalau ganti busi harus setiap 6.000 km!

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.