Instruktur Safety Riding Honda Indonesia Kembali Juara di Jepang

Instruktur Safety Riding Honda Indonesia Kembali Juara di Jepang
Sabtu, 17 Oktober 2015 16:05
Dimas Indra B S

Instruktur safety riding asal Indonesia kembali berprestasi. Kali ini, dua instruktur di bawah bendera Astra Honda Motor berhasil meraih Juara III dalam ajang The 16th Japan Safety Instructor Competition 2015. Mereka adalah M. Adi Sucipto dan Iskandar.

"Kami ingin konsisten dengan prinsip no sales without safety," kata GM Marketing Planning and Analyst, A. Indraputra, melalui keterangan tertulis yang diterima OtoRider.com, Sabtu (17/10) ini.

Ajang safety riding ini rutin digelar tiap tahun. Kejuaraan yang digelar 15-16 Oktober 2015 itu dilaksanakan di Sirkuit Suzuka, Jepang, dan diikuti oleh 30 instruktur Honda yang berasal dari India, Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Turki, Australia, dan Taiwan. Kompetisi itu menguji kemampuan dan keterampilan para instruktur soal keselamatan berkendara dari sisi teori dan praktek. Ujian teori menuntut para peserta lomba untuk membuktikan pemahaman ihwan etika dan teknik berkendara yang memegang prinsip keselamatan.

Adapun untuk tes praktek, peserta diuji dalam tiga tahap tes. Pertama, mereka diuji soal pengereman kendaraan. Masing-masing instruktur diminta untuk mengerem saat kendaraan melaju dengan kecepatan tertentu. Penilaian utamanya adalah mencegah roda kendaraan terkunci akibat pengereman tersebut.

Tes kedua, peserta diminta melakukan slalom untuk menguji keseimbangan. Namun mereka dilarang menggunakan kaki sebagai bantuan untuk menaklukan ujian tersebut.

Sedangkan tes ketiga mengharuskan peserta melintasi sebuah papan untuk dilalui dalam kecepatan tertentu tanpa bantuan kaki. Ujian itu dilakukan untuk melihat posisi berkendara yang tepat.

Hasilnya, Adi yang berlomba di kelas motor 400 cc meraih 2.408 angka dari tiga tes tersebut. Dia pun berhak menempati posisi ketiga dengan poin tersebut. Sedangkan pada kejuaraan yang sama tahun lalu, Adi yang terjun di kelas 125 cc berhasil menjadi Juara 1.

Sementara iru, Iskandar yang berlomba di kelas 125 cc berhasil meraih 1.557 poin. Instruktur terbaik dalam ajang The 9th Astra Honda Safety Riding Instructor's 2015 itu pun berhak mengisi podium ketiga. Selamat! (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.