Jangan Asal, Berikut Tips Menyetel Rantai yang Benar dan Aman

Jangan Asal, Berikut Tips Menyetel Rantai yang Benar dan Aman
Jumat, 15 Oktober 2021 14:00
Brian

Komponen rantai telah banyak diketahui pengendara sepeda motor, namun masih banyak yang belum mengerti cara merawatnya. Salah satunya perawatan rantai adalah dengan setelan yang benar. Pasalnya setelan rantai yang tidak benar dapat merusak komponen lainnya.

Riyadi Prihantono selaku Manager Aftersales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Mfg memberikan sejumlah tips penyetelan rantai. Menurut Riyadi penyetelan rantai tidak dapat terlalu kencang atau terlalu longgar. Kekencangan harus dijaga agar tetap di batas yang sudah ditentukan.

   Baca Juga: Serba-Serbi Fitur TCS pada Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS

"Batas kekencangan rantai (free play) ada pada buku petunjuk pemilik, biasanya di rentang 25-35 mm. Rantai yang terlalu kencang akan membebani mesin dan komponen lainnya, sementara jika terlalu longgar bisa terlepas dan merusak komponen lainnya," ujar Riyadi dalam keterangan tertulis.

rantai dan gir

Untuk menyetelnya, Riyadi menyarankan agar motor berada di posisi yang datar. Kemudian gunakan standar tengah agar motor berada dalam keadaan seimbang dan ban belakang dapat diputar dengan bebas. Selanjutnya periksa kelonggaran rantai, jika diluar dari spesifikasi yang dianjurkan maka lakukan penyetelan.

   Baca Juga: Ciri-Ciri Rantai Motor Sudah Tidak Layak Digunakan

"Setelah dilakukan penyetelan, gerakkan rantai, lalu cek kelancaran gerakan rantai dan kondisi gear rantai. Jika terjadi keausan lakukan penggantian gear set beserta rantai," pungkas Riyadi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.