Jangan Lupa Merawat Motor di Bulan Puasa, Berikut Tipsnya!

Jangan Lupa Merawat Motor di Bulan Puasa, Berikut Tipsnya!
Senin, 26 April 2021 15:00
Brian

Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan bukan berarti harus membatasi aktivitas. Sebagai bikers atau pecinta roda dua, tentunya kendaraan harus tetap dirawat agar performanya selalu maksimal. Agar tidak mudah lelah, pemilik motor bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti tips berikut.

Pertama adalah bahan bakar, pastikan kondisi bahan bakar melalui indikator yang tertera di speedometer. Jika motor jarang digunakan, lebih baik tangki dalam kondisi penuh untuk menghindari terjadinya penguapan. Jangan lupa juga untuk mengecek jika terjadi kebocoran dengan mengenali bau bensin di sekitar motor.

merawat motor di rumah

Kedua pastikan kondisi oli mesin masih dalam batas normal. Untuk mengecek oli mesin sebenarnya mudah, cukup menggunakan stik oli mesin yang tersemat di tutup penuangan oli. Selain itu cek juga di sekitar mesin jika kemungkinan terjadi kebocoran oli.

   Baca Juga: Kenali Indikasi Baterai Motor Listrik Alami Kerusakan, Apa Tandanya?

Selanjutnya pengecekan sistem pengereman dan pastikan berfungsi dengan normal. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan menekan tuas rem dan pastikan juga lampu belakang menyala. Selain itu perhatikan level minyak rem dalam batas normal melalui celah intip reservoir penampung minyak rem.

Ban, Nitrogen, tekanan angin

Kemudian pemilik juga harus mengecek bagian tuas gas, pastikan pada saat diputar dapat dilakukan dengan lembut dan tidak tersangkut. Bagian ban juga harus dicek kembali dan pastikan alur masih dalam batas normal dari tanda keausan. Terakhir adalah bagian lampu-lampu dan indikator, pastikan semuanya berfungsi dengan baik termasuk lampu sein dan klakson.

   Baca Juga: Bikin Awet! Tips Rawat Baterai Motor Listrik Biar Panjang Umur

”Di bulan puasa ini, kami menyarankan konsumen agar tidak lupa juga melakukan pengecekan sepeda motor. Ini penting dilakukan agar tidak ada problem yang terlewatkan. Untuk itu, kami memberikan panduan yang dapat dilakukan oleh konsumen sendiri agar motor terawat dengan baik,” papar M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.