Jangan Panik Dulu, SIM C Khusus Moge Masih Wacana

Jangan Panik Dulu, SIM C Khusus Moge Masih Wacana
Sabtu, 16 Januari 2016 07:05
Okky Zulham Hadi

Ditengah isu yang sedang menghangat terkait pengelompokan Surat Izin Mengemudi (SIM) C. pihak kepolisian menegaskan bahwa pengelompokan SIM C masih dalam tahap pembahasan, belum sampai pada praktek dan sosialisasi.

Seperti yang dilansir NTMC Polri, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs Condro Kirono mengatakan bahwa pihaknya memang memiliki rencana untuk melakukan penggolongan SIM. Hanya, hal ini masih dalam pengkajian Polri. “Kami mengundang beberapa pihak. Untuk ranah wacana diskusi dan pendalaman. Rencana pengelompokan ini masih terus dibahas.” ungkapnya.

Ia pun menambahkan saat ini masih berlaku sesuai dengan peraturan yang ada dan belum ada perubahan apapun. Soal pengelompokan kategori SIM C tersebut, Polri juga memerlukan masukan dari IMI pusat dan instansi terkait. Hingga kesiapan sarana dan prasana penunjang kebijakan baru tersebut.

”Apabila terjadi perubahan pastinya masih membutuhkan proses yang sangat panjang dan tentunya akan disosialisasikan terlebih dahulu melalui tahapan pemberlakuan perundang-undangan yang ada serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung yang ada.” lanjutnya.

Meski demikian, perwira tinggi kepolisian tersebut membenarkan jika ke depannya terdapat pengelompokan SIM C menjadi tiga kategori. Antara lain SIM C untuk sepeda motor sampai dengan berkapasitas 250 cc, SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas diatas 250 hingga 500 cc dan SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin diatas 500 cc.

Namun Kakorlantas Polri mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan rencana ini akan direalisasikan. Pihaknya masih akan mengkaji rencana ini, sehingga masyarakat diharapkan untuk tidak bereaksi berlebihan.

“Masyarakat tidak perlu panik terkait informasi yang beredar akhir-akhir ini, khususnya terkait pengelompokan SIM C tersebut. Kami dari pihak kepolisian, khususnya di jajaran Korlantas Polri, secepatnya akan memberikan informasi dan sosialisasi terkait hal ini jika ada perubahan sedikitpun.”

(otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.