Jangan Salah Beli, Berikut Cara Mengukur Helm yang Tepat

Jangan Salah Beli, Berikut Cara Mengukur Helm yang Tepat
Minggu, 29 Agustus 2021 13:00
Brian

Helm merupakan salah satu perangkat pelindung pengendara ketika menunggangi sepeda motor. Tanpa adanya helm, maka kepala akan tidak terlindungi dan sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan. Namun bukan hanya asal menggunakan helm saja, memilih ukuran helm juga penting diketahui.

Mexvico dari Komunitas Belajar Helm mengatakan mengukur helm cukup sederhana karena dapat menggunakan meteran untuk baju. Caranya dimulai dari titik tengah dahi, kemudian meteran dibuat melingkar ke arah kepala. Jika sudah, maka hasil lingkar kepala bisa disesuaikan dengan ukuran yang tersedia pada setiap helm.

   Baca Juga: Kenali Jenis Helm, Mana yang Paling Sesuai Digunakan?

"Itu adalah ukuran sesuai lingkar kepala semua dan itu enggak akan berubah, pasti ukurannya sama. Kenapa ukurannya di situ, karena itu ukuran kepala. Jadi saat menggunakan helm, rasanya seperti pakai topi saja," ujar Mexvico saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

Busa Helm

Mexvico berpendapat jika ukuran helm terlalu sempit akan berbahaya, karena kepala akan mudah sakit dan dapat mengganggu konsentrasi. Sementara jika terlalu longgar juga berbahaya, karena tidak melindungi kepala dengan baik. Oleh karenanya ukuran lingkar kepala harus pas, sedangkan untuk busa pipi dapat disesuaikan kembali.

   Baca Juga: Jangan Terkecoh Kilometer Rendah Saat Beli Motor Bekas

"Nah untuk di cheekpad kanan kiri itu bisa dimodifikasi, makanya kalau helm branded itu dia modifikasinya bisa dicopot-copot ganti. Karena ada yang pipinya tembam ada yang tidak, nah itu beda-beda makanya bisa diganti," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.