Kawasaki Patenkan Transmisi Elektronik Semi Otomatis Pertama

Kawasaki Patenkan Transmisi Elektronik Semi Otomatis Pertama
Rabu, 3 Februari 2021 12:00
Brian

Kawasaki baru-baru ini mengungkapkan paten yang merupakan pengembangan girboks transmisi. Paten kali ini menunjukkan pengembangan transmisi elektronik semi-otomatis untuk pertama kalinya. Diharapkan teknologi ini dapat diterapkan pada model superbike dalam waktu dekat.

Dilansir dari MotoSaigon, tampaknya Kawasaki tengah banyak mengerjakan teknologi terbaru. Mulai dari motor listrik Kawasaki Endeavour, paten sensor, mesin supercharged crossplane, dan kali ini transmisi elektronik semi-otomatis.

   Baca Juga: NHK Beri Pinlock Gratis untuk Pembelian GP Prime

Teknologi girboks elektronik semi-otomatis ini diyakini berasal dari paten yang pernah ada sebelumnya. Dilaporkan girboks masih menggunakan mekanisme perpindahan kaki yang biasa. Tetapi akan dilengkapi dengan sistem dan sensor elektronik untuk membuat proses lebih stabil dan responsif.

paten transmisi baru Kawasaki

 

Kabarnya jika transmisi semi-otomatis tersebut digunakan, gaya penggunaannya sangat berbeda dibandingkan transmisi tradisional. Menurut Kawasaki, berkat elektronik dan sensor baru, girboks dan tuas transmisi tidak perlu saling berhubungan. Dengan demikian proses perpindahan gigi berlangsung secara stabil dan lebih halus.

   Baca Juga: Perbedaan Fitur Honda PCX 160 vs Yamaha All New NMax

Cara kerjanya adalah dengan perpindahan transmisi akan diambil oleh sensor baru. Kemudian data tersebut dikirim ke transmisi untuk mengubah posisi gigi. Artinya kerja transmisi tidak lagi bergerak secara mekanikal, melainkan secara komponen kelistrikan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.