Kerusakan Rantai Keteng Bisa Berakibat Fatal Pada Mesin Motor

Kerusakan Rantai Keteng Bisa Berakibat Fatal Pada Mesin Motor
Selasa, 2 Juni 2020 11:00
Brian

Rantai keteng merupakan komponen kecil dalam sebuah mesin sepeda motor. Meskipun kecil, ternyata bagian ini memiliki peranan yang cukup penting pada mesin. Seperti diberitakan sebelumnya, rantai keteng memiliki fungsi menyalurkan tenaga dari crankshaft ke camshaft.

Fikri selaku mekanik spesialis Honda Tiger menyebutkan rantai keteng yang rusak memang tidak terlalu berpengaruh terhadap performa motor. Namun jika dibiarkan maka dapat mengakibatkan efek fatal pada mesin. Biasanya ciri rantai keteng yang rusak adalah kendur sehingga membuat mesin lebih berisik.

   Baca Juga: Mengenal Rantai Keteng? Ternyata Inilah Fungsinya

"Kalau rantai keteng rusak tuh bisa menimbulkan kerusakan lain pada komponen mesin. Cuma karena kendur, lama kelamaan bisa terlepas dari gear atau jalurnya. Efeknya komponen di dalam mesin bisa rusak total, seperti klep bengkok, bushing klep pecah, bahkan bisa bikin piston lecet," ujar Fikri kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Rantai Keteng

 

Biasanya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada rantai keteng sepeda motor. Salah satunya adalah kebiasan telat mengganti oli mesin. Selain itu menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasinya juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen ini.

   Baca Juga: Bisakah Motor Matik Pakai Oli Mesin Manual?

"Kebiasaan telat mengganti oli bisa jadi penyebabnya, atau olinya ga sesuai sama spesifikasi motor. Penyetelan rantai keteng yang engga pas juga bisa jadi salah satu penyebab. Kalau pemasangan rantai keteng sebenarnya engga terlalu sulit," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.