Kesalahan Pengisian Volume Oli Mesin Motor Bisa Berakibat Fatal

Kesalahan Pengisian Volume Oli Mesin Motor Bisa Berakibat Fatal
Rabu, 18 Desember 2019 15:00
Thio Pahlevi

Oli mesin tentunya berperan besar pada kinerja motor agar tetap prima. Oleh karena itu, periode serta pemilihan oli mesin yang sesuai rekomendasi pabrikan wajib untuk diikuti.

Tak hanya periode penggantian dan pemilihan oli mesin saja, ternyata kesesuaian pengisian volume oli mesin juga tak boleh sembarangan. Ketidaksesuaian volume pelumas ini bisa berdampak langsung pada motor, bahkan dalam jangka panjang bisa merusak mesin itu sendiri.

   Baca Juga: Honda Air Blade Rilis di Vietnam, Pesaing Berat Yamaha Aerox?

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok menjelaskan dampak yang terjadi jika tidak sesuai mengisi volume oli mesin. Menurutnya, volume oli yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mengakibatkan mesin tidak bisa bekerja maksimal.

Oli X-Ten

 

"Volume oli yang terlalu banyak bisa menyebabkan putaran mesin jadi berat atau terhambat. Sehingga akan berpengaruh pada tenaga motor yang menjadi lebih berat juga," kata Ribut pada OtoRider (18/12).

   Baca Juga: Sudah Musim Hujan, Lakukan Hal Ini Agar Motor Matik Tetap Awet

Ribut menambahkan, jika oli mesin terlalu sedikit justru akan mengakibatkan suara mesin menjadi kasar. Jika terus dibiarkan, risiko terbesarnya motor bisa mengalami turun mesin.

"Volume oli yang terlalu sedikit atau berkurang dapat merusak atau mempercepat keausan komponen mesin. Karena pelumasan yang kurang sempurna di dalam mesin," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.