Ketahui Arti dari Kode Unik Penamaan Motor BMW

Ketahui Arti dari Kode Unik Penamaan Motor BMW
Senin, 30 November 2020 15:00
Thio Pahlevi

BMW Motorrad menjadi salah satu merek motor yang hadir di Indonesia. Pabrikan motor asal Jerman ini pun memiliki beragam model dan varian produk. Uniknya, BMW Motorrad mempunyai ciri khas kode huruf pada masing-masing motornya, seperti F, R, G, K, B, dan GS.

Ardi Putra selaku Product Manager BMW Motorrad Indonesia pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, terdapat beberapa contoh penggunaan kode huruf tersebut, di antaranya seperti G 310 R, F 900 R, S 1000 R, S 1000 RR, K 1600 B, F 750 GS, hingga R 1250 GS.

   Baca Juga: Tips Memilih Ban Saat Musim Hujan, Apa Saja yang Diperhatikan?

Lantas, apa sebenarnya arti dari masing-masing huruf tersebut?

"Sebenarnya di BMW Motorrad itu ada beberapa kode. F misalnya, itu artinya mesin 2-silinder segaris dengan penyuplai daya rantai. Lalu G, G 310 R contohnya. G itu satu silinder dengan penyuplai daya rantai," ujar Putra pada OtoRider di Jakarta beberapa waktu lalu.

BMW S1000XR

 

Putra menambahkan, ada juga kode huruf R, artinya 2-silinder boxer dengan penyuplai daya gardan. Sementara itu, kode huruf S memiliki arti mesin 4-silinder segaris dengan penyuplai daya rantai. Selanjutnya K, yaitu mesin 6-silinder dengan penyuplai daya gardan.

   Baca Juga: BMW R 18 Pakai Mesin Big Boxer 1.802 cc, Seberapa Panas Suhunya?

"Nah, di kode huruf belakangnya itu juga sebenarnya mengandung arti. Jadi misalnya F 900 R, R itu Roadster artinya. Kalau RR itu Racing Replica," jelas Putra.

Lebih lanjut, terdapat kode huruf belakang GS yang merupakan Gelande/Strasse. Kode ini maksudnya adalah motor untuk penggunaan off-road dan on-road. "Jadi motor itu bisa untuk off-road dan on-road. Ada juga B, yaitu Bagger. Lalu RT atau ReiseTourer untuk kebutuhan turing," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.