Kilas Balik Suzuki yang Pernah Punya Motor 14 Percepatan!

Kilas Balik Suzuki yang Pernah Punya Motor 14 Percepatan!
Senin, 13 Januari 2020 10:00
Brian

Suzuki merupakan salah satu merek sepeda motor yang ternama di dunia. Suzuki dalam perjalanannya memiliki sejarah panjang yang menghasilkan sejumlah motor legendaris. Dilansir dari BikeExif, salah satu motor legendarisnya adalah Suzuki RK67 yang lahir pada tahun 1967.

   Baca Juga: Royal Enfield Classic 350 Sudah Pakai Mesin Injeksi

Motor Suzuki RK67 masih diingat-ingat sampai saat ini karena spesifikasinya yang memukau. Secara mesin memang motor yang satu ini memiliki kubikasi yang kecil, yakni hanya 50 cc. Namun dari segi percepatan, RK67 memiliki gearboks dengan 14 percepatan.

Suzuki RK67 Motor 14 Percepatan

 

Dengan bobot hanya 58 kilogram, mesin 50 cc, 1 silinder, 2 stroke dan perpaduan 14 percepatan, membuat ini mendapatkan tenaga yang luar biasa di jamannya. Perpaduan mesin dan transmisi itu mencapai tenaga 17,5 dk, jika dibandingkan dengan motor saat ini setara dengan Yamaha R15. Bahkan top speed motor ini mampu mencapai 176 km/jam.

   Baca Juga: Gosip Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Capai Ratusan Juta!

Secara desain, Suzuki RK67 ini tampak mirip dengan motor custom bergaya cafe racer yang banyak hadir di jalanan saat ini. Dengan fairingnya yang bulat, buntut tawon dan tangki besar merupakan ciri khas motor bergaya cafe racer.

Suzuki RK67 Motor 14 Percepatan

 

Tak sekedar kencang saja, Suzuki RK67 ini pun berhasil memenangkan sejumlah kejuaraan. Pada tahun 1967 seorang Pembalap Jerman bernama Hans-Georg Anscheidt memenangkan Kejuaran Dunia 50 cc. Namun sayangnya FIM mengumumkan untuk membatasi mesin balap 50 cc untuk satu silinder hanya dengan enam percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.