Lima Motor Bermesin 6 Silinder yang Pernah Ada di Dunia

Lima Motor Bermesin 6 Silinder yang Pernah Ada di Dunia
Senin, 1 Juni 2020 13:00
Brian

Jika berpikir motor hanya memiliki konfigurasi maksimal 4 silinder, maka Anda salah besar. Karena kenyataannya beberapa motor di dunia hadir dengan konfigurasi enam silinder. Tentunya konfigurasi ini membuat motor tersebut menjadi sangat spesial, karena memiliki raungan suara layaknya supercar.

Daftar pertama motor berkonfigurasi mesin enam silinder jatuh pada Honda Gold Wing. Meskipun dimulai dengan mesin empat silinder pada tahun 1987. Akan tetapi Gold Wing saat ini memiliki kapasitas yang besar yakni 1.800 cc 6 silinder.

Konfigurasi mesinnya sangat cocok untuk touring atau perjalanan jauh. Bobot mesin besar yang diletakan rendah di bagian tengah membuat pengendalian menjadi cukup baik. Beberapa pemilik Honda Gold Wing mampu melajukan motornya hingga 100 mph di atas aspal.

BMW K1600

 

Daftar kedua motor bermesin enam silinder jatuh kepada BMW K1600. Pada tahun 1980-1990-an, BMW telah membuat mesin-mesin enam silinder yang legendaris. Bahkan warisan itu turun hingga di K1600 yang hingga saat ini masih dipasarkan.

Tidak seperti Gold Wing yang memiliki konfigurasi boxer enam silinder, BMW K1600 membuat enam silinder segaris dengan kemiringan 55 derajat. Posisinya yang sangat rendah membuat motor ini juga mudah dikendalikan. BMW sendiri mengklaim motor ini adalah mesin enam silinder segaris tersempit yang pernah mereka buat.

Honda CBX

 

Motor berkonfigurasi mesin enam silinder berikutnya jatuh pada Honda CBX. Berbeda dengan mesin BMW yang relatif sempit, CBX menggantungkan mesin enam silindernya pada kedua sisi rangka. Mengusung konsep motor naked, membuat tampilan mesin besarnya itu semakin terlihat jelas.

   Baca Juga: Beredar Render Kawasaki KLX700, Pesaing Tenere 700?

Honda CBX menjadi legendaris karena merupakan motor pertama berbasis enam silinder yang pernah dibuat Honda. Motor ini diperkenalkan pertama kali pada 1978-an sebagai motor naked superbike yang dirintis oleh CB750. Pada 1981 Honda CBX hadir dengan fairing, yang menjadi arah bagi pabrikan sayap merah itu untuk membangun Honda Gold Wing.

Kawasaki KZ1300

 

Tidak mau kalah dari Honda, Kawasaki juga mempunyai motor enam silinder yang menyaingi CBX yakni Z1300. Secara desain, Z1300 terlihat mirip dengan CBX, hanya saja terlihat lebih kotak. Namun dari segi mesin, sepenuhnya berbeda karena Kawasaki menempatkan mesin 1.300 cc pada rangkanya.

   Baca Juga: Kawasaki Ninja 1000SX Resmi Dirilis, Apa Saja yang Ditawarkan?

Di Eropa, Kawasaki Z1300 diberikan nama Voyager yang menjadikannya memiliki nuansa touring. Sayangnya model ini tidak sepopuler Honda CBX meskipun menggunakan mesin besar. Meskipun Z1300 berlangsung lebih lama hingga tahun 1989, sedangkan CBX hanya sampai tahun 1982.

Benelli 750 Sei

 

Jika berbicara motor berkonfigurasi enam silinder pertama di dunia, maka jawabannya ada pada Benelli 750 Sei. Motor ini diperkenalkan pada tahun 1972 dalam jumlah yang kecil hingga tahun 1978. Pada tahun 1978 mesin Benelli ditingkatkan dari 750 cc menjadi 900 cc yang bertahan hingga tahun 1989.

Mesin empat silinder dari Benelli 750 Sei ini menggunakan tiga karburator Dell'Orto VHB 24 mm. Alternator pada motor ini berada dibelakang mesin, yang sama seperti Honda. Hal ini membuat publik banyak bertanya, apakah Honda mendapatkan ide membangun CBX berdasarkan motor Benelli.

Source: RideApart

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.