Lumasi Rantai Pakai Oli Bekas, Apa Dampaknya?

Lumasi Rantai Pakai Oli Bekas, Apa Dampaknya?
Kamis, 16 April 2020 11:00
Thio Pahlevi

Rantai dan gir motor menjadi salah satu komponen penggerak yang harus selalu diperhatikan kondisinya. Agar kinerjanya tetap optimal, cara yang dapat dilakukan untuk merawatnya adalah dengan memberikan pelumas.

Saat ini, tersedia berbagai pilihan merek pelumas rantai yang hadir di pasaran. Namun, ada juga yang masih menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai dan gir.

   Baca Juga: Apa Saja Fitur-Fitur di Dalam Aplikasi My Yamaha Motor?

Nah, bagaimana dampaknya? Ade Rohman selaku Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) pun memberikan penjelasannya.

rantai

 

Menurutnya, disarankan untuk tidak menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai dan gir. "Oli bekas mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

   Baca Juga: VIDEO: Aksi Suzuki RG500 dalam TT Isle of Man

Ade menambahkan, tujuan memberikan pelumas pada rantai dan gir adalah menjaga keawetan komponen tersebut. Pelumas rantai roda ini berfungsi untuk melumasi rantai motor hingga ke celah mata rantai. 

Selain itu, pelumas juga membantu membersihkan rantai motor dari kotoran maupun debu yang menempel. "Lebih baik menggunakan chain lube khusus yang memang direkomendasikan oleh pabrikan," ujar Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.