Memperpanjang SIM C Bakal Bisa Secara Online

Memperpanjang SIM C Bakal Bisa Secara Online
Kamis, 24 September 2015 08:05
Danu P Dirgantoro

Memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa ke Samsat alias Satuan Administrasi Satu Atap, bisa juga datang ke gerai pelayanan SIM yang dibuka oleh Polri, dan juga datang ke layanan SIM Keliling. Masih merasa repot? Perpanjang saja dengan sistem online.

Ditlantas Polda Metro Jaya mengumumkan bahwa mulai 27 September besok, SIM yang sudah habis masa berlakunya bisa diperpanjang secara online. Tapi, maksud online di sini bukan berarti kita bisa memperpanjang sendiri lewat internet. SIM C yang habis masa berlakunya, tetap harus dibawa ke gerai Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM atau layanan SIM Keliling. 

Lantas bagaimana maksudnya? Riders bisa ke Satpas mana saja di seluruh Indonesia, tak perlu balik lagi ke lokasi awal pembuatan SIM. Misal pemilik SIM C dari Jakarta yang sedang berdinas di luar kota tak perlu balik ke Ibukota hanya untuk perpanjang SIM. Ini karena sistem pelayanannya sudah terintegerasi dan terpadu dalam lingkup Korlantas Polri. Bahkan sistem baru ini juga didukung oleh berbagai unit di Polri dan Kementrian Dalam Negri.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro yang diwakili salah seorang Perwira Menengahnya menyebutkan apabila riders sedang diluar kota  dan masa berlaku SIM C nya habis tinggal datang saja ke Satpas SIM di kota Riders berada. 

Layanan baru ini rencananya akan diluncurkan pada hari minggu 27 September.  Bertepatan dengan hari bebas kendaraan bermotor di daerah Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Yup, sementara layanan anyar  ini baru diterapkan di wilayah Jabodetabek. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.