Mengapa Pertamina Klaim Produksi BBM Berkualitas? Inilah Penjelasannya!

Mengapa Pertamina Klaim Produksi BBM Berkualitas? Inilah Penjelasannya!
Selasa, 27 Maret 2018 14:50
Angga M

PT Pertamina (Persero) mengklaim menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berkualitas dan ramah lingkungan untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang akan menerapkan penggunaan BBM setara Euro 4.

“Aturan penerapan BBM yang ramah lingkungan digencarkan pemerintah yang dimaksudkan agar kualitas udara lebih sehat,” ujar Arya Dwi Paramita, Manager External Communication PT Pertamina (Persero) di Bogor dalam acara Obrolan Ringan Otomotif (26/3).

Menurut pemantauan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beberapa kota besar di Indonesia memiliki kualitas udara yang sudah melampaui ambang batas baku mutu udara yang sehat. Misalnya Jakarta, dari Januari 2017 – Januari 2018 kualitas udaranya mencapai 35 ug/m3, sudah melampaui standar WHO 25 ug/m3. Penyebab utamanya adalah gas buang kendaraan bermotor dengan mesin yang menggunakan BBM berkualitas rendah.

 Arya menambahkan BBM berkualitas dan ramah lingkungan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Terlebih lagi masih menurutnya, produsen otomotif telah mensyaratkan BBM berkualitas tinggi dengan oktan 92 untuk kendaraan di atas 2010. "Nah, BBM setara Euro 4 akan berlangsung secara bertahap di Indonesia," jelasnya.

Terkait penyediaan BBM berkualitas, Pertamina terus menjalankan berbagai program modernisasi kilang (Refinery Development Masterplan Program/RDMP) dan pembangunan kilang baru (Grass Root Refinery/GRR). Dengan program ini, dalam 5 hingga 7 tahun ke depan Pertamina menargetkan bisa memproduksikan BBM berkualitas dan ramah lingkungan standar Euro-5.

Saat ini, sejumlah kilang Pertamina antara lain di Balikpapan, Balongan dan Cilacap, telah disiapkan untuk menghasilkan produk BBM berkualitas tinggi seperti Pertamina Dex, Pertamax dan Pertamax Turbo.  “Sesuai Peraturan Menteri (Permen) KLHK No 20 tahun 2017, maka BBM berkualitas tinggi dan ramah lingkungan akan menjadi pilihan masyarakat. Penyediaan BBM berkualitas merupakan komitmen Pertamina menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan,” tutup Arya

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.