Mengenal Sunburn Speedometer, Perawatannya Capai Jutaan Rupiah

Mengenal Sunburn Speedometer, Perawatannya Capai Jutaan Rupiah
Rabu, 13 Mei 2020 06:00
Brian

Speedometer digital memang sedang menjadi tren motor berteknologi tinggi belakangan waktu ini. Kehadiran fitur ini membuat motor terlihat lebih modern dan canggih. Akan tetapi, ternyata perangkat ini memiliki kekurangan tersendiri yang dinamakan sunburn speedometer.

Berdasarkan informasi yang didapat dari website Wahana Honda, sunburn speedometer adalah kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Disebutkan bahwa motor dengan speedometer digital yang terlalu lama terpapar sinar matahari dapat mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi ketika speedometer digital itu dibiarkan terpapar sinar matahari dalam waktu yang sangat lama setiap harinya.

   Baca Juga: Keunggulan Gunakan Helm Flat Visor untuk Harian

Soal tanda-tanda terjadi sunburn speedomter adalah menghilangnya angka atau apapun yang ditampilkan secara digital. Hal ini disebabkan oleh salah satu filter lapisan LCD yang polarizernya terbakar karena panas matahari. Sehingga tidak dapat menampilkan apapun yang terlihat secara digital pada layar panel.

Honda ADV 150

 

Soal biaya penggantian filter polarizer tersebut, dealer Honda Jakarta-Tangerang ini menyebutkan terdapat harga yang berbeda-beda pada setiap motor. Biasanya harga tergantung dari ukuran layar speedometer. Sebagai acuan, harga filter polarizer lebih kurangnya sebesar Rp 1 jutaan.

   Baca Juga: Aki Cepat Soak? Jangan Dulu Beli Baru, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Tentunya harga perawatannya cukup mahal jika terjadi kerusakan. Sayangnya tidak ada cara ampuh untuk mengatasi hal ini, pemilik cukup jangan terlalu sering dan terlalu lama membiarkan motor terpapar matahari. Mengganti filter polarizer pun harus dilakukan secara benar oleh mekanik dan tidak dapat dilakukan oleh pemilik motor itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.