Mesin Mazda B600 Diincar Penggila Motor

 Mesin Mazda B600 Diincar Penggila Motor
Kamis, 3 Desember 2015 08:00
Ilham Pratama

Ada alasan khusus soal pemilihan mesin Mazda B600 sebagai 'bahan' modifikasi motor klasik. Paling utama adalah dimensinya yang kompak. "Membuat sasis customnya lebih mudah dan motor juga tidak terlalu panjang, sehingga masih enak dipakai harian," jelas M. Mansyur alias Acung, modifikatoryang merombak mesin mobil Mazda B600 jadi motor klasik.

Selain itu, mesin V-Twin nya memiliki karakter suara yang mirip milik Harley-Davidson. "Suaranya gahar, padahal kapasitas mesinnya cuma 600 cc, makanya mulai banyak yang ikut mencari mesin B600," timpal Muhammad Thoyib, rekan Acung di Pemudi's yang juga mengoleksi motor bermesin B600.

Banyaknya 'pemburu' juga membuat harga mesin B600 ikut melonjak. "Sebelumnya, saya membeli mesin ini sekitar Rp 2-3 juta. Kini mesin dengan kondisi apa adanya saja berani dijual di angka Rp 10 juta," keluh Acung yang ngepos di Surabaya, Jawa Timur tersebut.

Toh demikian, penggunaan mesin B600 sebagai motor bukan tanpa kendala. Mulai dari pemilihan girboks motor yang harus presisi. Hingga panas mesin yang kerap mengganggu. "Sebaiknya atur posisi pipa knalpot dan beri pelapis anti panas, agar kaki nggak melepuh saat berkendara," pungkas pria ramah ini. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.