Michelin Indonesia Resmi Tak Lagi Pakai Bungkus Plastik pada Ban Motor

Michelin Indonesia Resmi Tak Lagi Pakai Bungkus Plastik pada Ban Motor
Kamis, 4 Maret 2021 15:00
Thio Pahlevi

Michelin Indonesia resmi mengumumkan langkah untuk menghentikan penggunaan pembungkus plastik pada ban motor. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen Michelin untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai serta menjalankan proses bisnis yang berkelanjutan. Inisiatif Michelin Indonesia ini dilaksanakan dalam proyek #MichelinActNow.

Tak hanya itu, langkah tersebut juga diharapkan dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. Hal ini sesuai dengan arahan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang pengurangan sampah plastik hingga 30 persen pada 2025.

Steven Vette selaku Presiden Direktur Michelin Indonesia mengatakan Michelin berpegang teguh pada komitmen menciptakan proses bisnis yang berkelanjutan, dengan menggunakan pendekatan ekonomi sirkular. Selain itu, menghilangkan bungkus plastik pada ban akan secara signifikan mengurangi sampah plastik sekali pakai yang dihasilkan oleh produk Michelin.

Ban Michelin untuk motor tanpa pembungkus plastik

 

"Michelin berpegang teguh pada komitmen menciptakan proses bisnis yang berkelanjutan, dengan menggunakan pendekatan ekonomi sirkular yaitu mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), mendaur ulang (recycle), dan memperbarui (renew)," ujar Steven.

   Baca Juga: Pantauan Harga Terbaru Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 (Maret 2021)

Langkah Michelin meniadakan bungkus plastik untuk ban motor dimulai sejak Maret 2021. Kebijakan ini akan diikuti oleh perusahaan Michelin lainnya di Indonesia, yaitu Multistrada Arah Sarana. Secara bertahap hingga akhir 2021, Michelin berharap dapat mengurangi lebih dari 80 persen sampah plastik sekali pakai yang dihasilkan oleh ban motor Michelin dan merek lain milik perusahaan Michelin.

Ban Michelin untuk motor tanpa pembungkus plastik

 

"Setiap tahun Michelin dan Multistrada Arah Sarana menghabiskan rata-rata 300.000 kilogram plastik untuk membungkus ban. Bungkus ini pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Pada 2022 kami menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban. Kami percaya ini adalah langkah yang tepat sebagai bentuk tanggung jawab Michelin untuk mencapai proses bisnis yang berkelanjutan," jelas Steven.

   Baca Juga: Honda Luncurkan Motor Bebek 125 cc Model 2021

Guna memudahkan penjual dan pengguna menemukan ban yang mereka butuhkan, Michelin memasang stiker berdasarkan pola, kategori, dan ukuran. Semua informasi tentang ban dapat ditemukan pada stiker. Mulai 1 Maret 2021, konsumen bisa mendapatkan ban motor Michelin tanpa bungkus plastik di toko-toko Planet Ban dan distributor lainnya di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.