Modifikasi Pakai ECU Aftermarket Perlu Perawatan Khusus?

Modifikasi Pakai ECU Aftermarket Perlu Perawatan Khusus?
Sabtu, 18 September 2021 11:00
Brian

Meningkatkan performa motor dengan sistem pembakaran injeksi, biasanya Electronic Control Unit (ECU) menjadi komponen yang sering diganti. Saat ini terdapat banyak ECU merek aftermarket yang dapat digunakan. Pertanyaannya, apakah menggunakan ECU aftermarket memerlukan perawatan khusus?

Thomas William selaku Tuner dari bengkel Reisen Motoshop mengatakan seharusnya pemasangan ECU Aftermarket tidak memerlukan perawatan khusus. Mengenai setelan ECU pun menurutnya tidak akan mengalami perubahan meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Namun Willy sapaan akrabnya, mengaku kerap ada yang komplain dan menduga setelan ECU berubah.

   Baca Juga: Modifikasi ECU Remap Bisa Kembali Standar, Mitos atau Fakta?

"Nah itu rasanya doang sebenarnya. Coba kita buka ECU-nya, datanya berubah engga? Ternyata engga. Terus yang berubah apa? Kita cek motornya mungkin ada keausan misal kampas kopling. Ternyata malah dari mesinnya, ternyata filter kotor gitu kan jadi mesinnya engga enak," pungkas Willy saat dihubungi OtoRider, Kamis (16/9) kemarin.

ECU BRT (Yamaha Xabre)

Menurut Willy setelan dalam ECU itu mirip seperti CPU dalam sebuah komputer. Jika data sudah dimasukkan ke dalamnya, maka tidak dapat berubah dengan sendirinya. Oleh karenanya jika terdapat perubahan tenaga, belum tentu masalahnya dari ECU.

   Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Soal ECU Stand Alone, Apa Bedanya?

"Karena kalau secara prinsip itu engga mungkin terjadi, soalnya seperti CPU, kalau sudah input ya engga akan berubah sendirinya. Ya tadi kalau ada perubahan ya karena faktor mekanikal bukan elentronikal," pungkas Willy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.