Motor Terendam Banjir? Berapa Estimasi Biaya Servisnya?

Motor Terendam Banjir? Berapa Estimasi Biaya Servisnya?
Jumat, 3 Januari 2020 06:00
Thio Pahlevi

Banjir tengah terjadi di beberapa daerah, khususnya di Jakarta. Sejumlah kendaraan baik mobil maupun motor ikut terendam air. Usai banjir, sudah pasti kendaraan memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh hingga melakukan servis.

Lalu, berapa kira-kira biaya yang harus disiapkan jika motor terendam banjir? Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Bahaya Mengintai Pengguna Helm dengan Double Visor

"Biaya perbaikannya itu lumayan jika terendam banjir. Apalagi jika ada komponen yang harus diganti. Estimasi biayanya sekitar Rp 2,8 jutaan untuk motor matik," kata Adih saat dihubungi OtoRider (2/1).

Servis Yamaha

 

Biaya tersebut diperlukan antara lain untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen. Selain itu, motor hampir dipastikan melakukan servis besar untuk memeriksa bagian-bagian komponen dalam mesin serta mengeluarkan air yang masuk.

   Baca Juga: Perlukah Motor Keluaran Terbaru Dipanasi Sebelum Digunakan?

Tak hanya itu, Adih menambahkan, oli mesin yang tercampur air juga perlu diganti. Kalau oli dibiarkan tercampur air, efeknya pasti akan ada gerusan dalam mesin dan ruang bakar. Oli mesin sendiri akan berubah menjadi coklat susu jika sudah tercampur air.

"Kemungkinan penggantian komponen antara lain oli mesin, connecting rod, cylinder body, piston kit, bering, gasket, rocker arm, hingga klep," jelas Adih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.