Pabrikan Ban Tidak Rekomendasikan Pakai Cairan Anti Bocor

Pabrikan Ban Tidak Rekomendasikan Pakai Cairan Anti Bocor
Minggu, 17 November 2019 10:00
Brian

Saat ini cairan anti bocor banyak beredar di pasaran, khususnya bengkel ban. Cairan anti bocor ini disebut-sebut mampu menambal ban tubeless secara otomatis ketika ban tertusuk paku dan berlubang. Akan tetapi ternyata terdapat pabrikan ban yang tidak merekomendasikan penggunaan cairan anti bocor itu pada produknya.

Dodi Yanto selaku Senior Brand Executive PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan pihaknya hingga saat ini tidak memasarkan cairan tersebut. Dirinya pun menyebutkan, belum merekomendasikan konsumennya untuk menggunakan cairan tersebut. Sehingga bagi konsumen yang hendak menggunakannya, sebaiknya memperhatikan sejumlah hal sebelum memutuskan untuk membeli.

"Itu memang banyak, kalau kami sih sampai saat ini belum mengeluarkan, belum merekomendasikan pakai itu. Dari sisi kami tidak merekomendasikan, tapi misalnya mau pakai silahkan," ujar Dodi saat ditemui di Karawang, Kamis (14/11).

anti bocor

 

"Kalau mau pakai cari produsennya yang jelas, yang bikin siapa? alamatnya dimana? ada SNI-nya engga? yang penting ada pertanggung jawaban. Jangan yang engga jelas, mereknya apa, yang bikin engga tahu siapa," lanjutnya.

   Baca Juga: Cara Mengetahui Kondisi Ban yang Masih Bisa Dipakai di Musim Hujan

Dirinya pun menjelaskan berbagai hal yang membuat pihaknya tidak merekomendasikan penggunaan cairan anti bocor pada ban. Terutama soal bahan kimia yang digunakan pada cairan tersebut.

Cairan Ban SITEPAT

 

"Karena kami engga tahu kandungan kimianya homogen atau engga sama bahan kami. Karena ban itu kan komposisinya banyak, dari oil, karbon, rubber, banyaklah. Itu dia senyawa engga sama bahan itu? berlawanan engga sama bahan itu? takutnya malah merusak ban itu sendiri," pungkas Dodi.

   Baca Juga: Motor Harian Mau Pakai Ban Balap? Perhatikan Hal ini

Sebagai tambahan informasi, cairan anti bocor ini kerap ditawarkan kepada konsumen yang membeli ban jenis tubeless. Ban tubeless yang tidak memiliki ban dalam memang lebih mudah kempes ketika tertusuk benda tajam di jalanan. Nah cairan anti bocor ini digadang-gadang mampu menutup bagian yang tertusuk secara otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.