Pakai Bensin Tak Sesuai Rekomendasi Pabrikan? Ternyata Dampaknya Bisa Fatal

Pakai Bensin Tak Sesuai Rekomendasi Pabrikan? Ternyata Dampaknya Bisa Fatal
Jumat, 3 April 2020 13:00
Thio Pahlevi

Setiap motor yang diproduksi oleh masing-masing pabrikan tentunya sudah dibekali dengan informasi terkait penggunaan bahan bakar yang ideal. Umumnya, penggunaan bensin ini disesuaikan dengan rasio kompresi mesin itu sendiri.

Namun tak jarang, sejumlah biker menggunakan bensin yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Nah, apa dampaknya jika menggunakan bensin yang tak sesuai anjuran?

   Baca Juga: Mekanik Tim Monster Yamaha Ungkap Sisi Lain Valentino Rossi

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, bensin yang tak sesuai akan menyebabkan masalah pada mesin motor.

"Penggunaan oktan lebih tinggi memang membuat tarikan motor lebih enak, namun bisa menimbulkan knocking atau panas pada mesin," ujar Ribut pada OtoRider.

   Baca Juga: Daftar Harga Skutik Maxi Yamaha (April 2020)

Lalu, bagaimana jika menggunakan oktan yang lebih rendah? 

"Oktan lebih rendah akan menyebabkan tarikan motor berat serta mengakibatkan penumpukan karbon dalam ruang bakar. Jika dilakukan dalam jangka panjang, bisa mengakibatkan loss kompresi dan menyebabkan mesin mati mendadak serta ruang bakar cepat kotor," ungkap Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.