Pasang Rem Cakram Vespa Sprint dan Primavera, Begini Caranya

Pasang Rem Cakram Vespa Sprint dan Primavera, Begini Caranya

Bagi pengguna Vespa modern, tidak semua model dibekali dengan disc brake belakang seperti pada Vespa GTS dan 946. Nah, bagi yang belum dibekali disc brake, seperti Sprint dan Primavera, tidak perlu berkecil hati. Anda juga bisa mengaplikasikan cakram belakang untuk Vespa kesayangan.

Trik ini khusus bagi pengguna Vespa Sprint series dan Primavera terbaru yang dibekali pelek 12 inci. Kalau ingin menggunakan cakram belakang, bisa siapkan beberapa parts. Komponen tersebut antara lain beberapa parts orisinal Vespa GTS atau 946. Mulai dari gearbox, as roda, hub roda,packing, bearing, selang rem, kampas rem dan master rem. Jangan lupa sertakan juga pelek. Lingkar roda bisa disiapkan pelek depan yang memang sudah dirancang untuk disandingkan dengan disc brake. Bisa saja pakai pelek 12 inci lain, tapi harus beli sepasang karena nanti kembangnya bisa berbeda dengan pelek depan orisinal.

Baca Juga : Ragam Knalpot Lokal Vespa Modern, Performa Bisa Diadu

Setelah komponen sudah tersedia, prosesnya tergolong plug and play. langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengganti gearbox lama dengan yang baru. Dalam proses ini pastikan oli gearbox sudah kosong sebelum diganti. Namun, jangan lupa sertakan pemasangan packing, bearing dan hub roda agar pelek beserta disc dapat terpasang.

Kalau gearbox baru sudah terpasang, kini saatnya melakukan pemasangan as roda dengan yang baru. Dalam langkah pemasangan ini, gigi as roda pada Vespa yang lama harus dipasang di as roda yang baru agar gigi rasio dapat berjalan. Proses ini saja yang butuh kemampuan mekanis cukup tinggi.

“Nah untuk pemasangan as roda, yang harus diperhatikan adalah pemindahan gigi as roda yang lama ke as roda yang baru agar rasio dapat berjalan, pengerjaannya biasanya harus dibawa ke tukang bubut,” ujar Deny pemilik gerai Deny’s Custom yang bermarkas di Jl.Aria Putra No.104, Ciputat, Tangerang Selatan.

Setelah rumah untuk ban baru sudah terpasang, jangan lupa pasang slang rem dan ganti kampas rem dengan yang baru. Hal ini lantaran dengan gearbox yang lebih besar, otomatis kampas rem juga harus turut diganti. Nah setelah semua sudah terpasang, kini saatnya pasang pelek yang sudah disertakan dengan disc dan kaliper.

Langkah terakhir adalah melakukan pemasangan master rem dan slang rem yang baru di setang. Untuk master rem, biasanya diletakkan di dekat handle rem belakang, persis seperti master rem depan. Setelah selang rem dan master rem sudah terpasang, kini saatnya melakukan pengisian minyak rem ke master rem yang baru. Perlu digarisbawahi, proses ini membutuhkan waktu serta kesabaran yang ekstra.

“Nah, yang perlu diperhatikan lagi adalah saat pengisian minyak rem, lantaran pengisiannya itu membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus dikocok berulang-ulang sampai rem dapat berfungsi,” tambah Deny soal proses bleeding minyak rem untuk membuang angin palsu di sistem remnya.

Baca Juga : Spesifikasi BMW C 400 GT Baru Diperkenalkan di Indonesia, Supercanggih!

Menyoal budget,kocek yang harus disiapkan kurang lebih sekitar Rp 8 juta bila menggunakan parts standar. Nah, apabila ingin upgrade menggunakan parts racing atau aftermarket bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Tertarik upgrade sistem pengereman?

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id