Percepat Pemulihan Pascagempa, AISI Turun Langsung ke Palu

Percepat Pemulihan Pascagempa, AISI Turun Langsung ke Palu
Jumat, 29 Maret 2019 14:10
Yulian Lahardi

Luar biasa apa yang dilakukan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) bersama  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam mempercepat pemulihan ekonomi pascagempa bumi dan tsunami yang menimpa provinsi Sulawesi Tengah tahun lalu. Dalam hal ini, kedua institusi tersebut menggelar pelatihan keterampilan teknik otomotif dan wirausaha  kepada masyarakat di wilayah Sulawesi Tengah.

Pelatihan keterampilan ini diberikan kepada elemen masyarakat yang terdiri dari unsur pemuda, guru Sekolah Menengah Keguruan (SMK), dan bengkel umum yang terdampak gempa. AISI bersama Kemenperin melaksanakan kegiatan ini sebanyak 5 batch yang yang diikuti 500 peserta berasal dari Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, Kota Palu. Setelah mengikuti pelatihan dan praktik, keterampilan mereka diuji sebelum akhirnya mendapatkan sertifikat kompetensi.

AISI Palu

“Kami ingin masyarakat Sulawesi Tengah segera bangkit dan ekonomi di wilayah ini segera pulih. Karenanya bersama Kemenperin kami berinisiatif memberikan masyarakat bekal keterampilan agar mereka bisa dapat kembali bergerak produktif terutama di bidang otomotif,” ujar Sekjen AISI Hari Budianto, pada Kamis (28/03).

Baca juga: Pilihan Bebek & Skutik Berkelas Dengan Harga Terjangkau, Di Bawah Rp 15 Juta

Sebelumnya anggota AISI juga bergerak cepat memberikan bantuan tahap awal kepada korban bencana di wilayah ini. Selain memberikan kebutuhan bahan pokok, puluhan tenda dan generator, dan air bersih, perusahaan anggota AISI juga menggelar servis dan ganti oli gratis sepeda motor. PT Astra Honda Motor (AHM) dibantu main dealer wilayah Sulawesi Tengah, CV Anugerah Perdana memberikan servis dan ganti oli gratis untuk 772 sepeda motor. Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu pada tanggal 4 November dan 9 Desember 2018 lalu. 

Kegiatan serupa juga dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing  (YIMM).  Anggota AISI berlogo garpu tala ini menggelar servis gratis untuk korban gempa di wilayah pada 3-5 November 2018. Selain itu, YIMM juga mendonasikan uang sebesar Rp 2 miliar melalui Kepala Badan Penghubung Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Suzuki Indonesia juga mendonasikan uang untuk pembelian Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDES) yang dilengkapi dengan fasilitas air bersih, air minum, pompa, dan genset melalui Kementrian Perindustrian senilai Rp 250 juta dan 1 unit  Mobil Ambulance untuk PMI Kota Palu.

Salut buat AISI.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.