Perusahaan Eropa Rancang Sabuk Pengaman untuk Motor

Perusahaan Eropa Rancang Sabuk Pengaman untuk Motor
Minggu, 23 Mei 2021 16:00
Brian

Sepeda motor memang tidak memiliki perangkat keselamatan secara langsung kepada pengendaranya. Motor berteknologi canggih hanya dapat memberikan fitur ABS dan traction control sebagai perangkat keamanannya. Selebihnya keamanan bergantung pada riding gear yang digunakan pengendara itu sendiri.

Dilansir dari Visordown, sebuah perusahaan asal Italia tengah merancang sebuah sabuk pengaman yang dapat dipasangkan di sepeda motor. Teknologi ini diharapkan dapat melindungi pengendara jika terjadi kecelakaan. Kabarnya rancangan desain ini juga dapat digunakan pada kendaraan roda tiga dan roda empat.

   Baca Juga: Suspensi Upside Down All New CB150R Bisa Dipasang di Model Lama?

Desain dari sabuk pengaman motor ini adalah dengan menggunakan tempat duduk yang dilengkapi sandaran keras. Sandaran tersebut dilengkapi oleh sabuk pengaman empat titik. Sandarannya sendiri bisa disesuaikan dan dapat bebas bergerak sesuai kebutuhan pengendara.

Sabuk Pengaman Motor dari Italdesign

Sementara cara kerjanya adalah ketika terjadi kecelakaan, maka sensor dari model elektronik akan membaca kejadian tersebut. Selanjutnya sensor akan memutuskan kursi sandaran dengan sabuk pengaman tersebut harus dilepas atau tidak. Dalam satu kasus, bisa saja sandaran tidak dilepas agar pengendara tidak terlempar, namun bisa dilepas agar pengendara tidak terluka parah.

   Baca Juga: Baru Digosipkan, Gambar Paten Kawasaki Ninja ZX-4R Terungkap!

Sayangnya belum ada penjelasan lebih lanjut terkait sabuk pengaman yang diperuntukkan di sepeda motor. Mengenai masuk jalur produksi pun hingga kini belum terdapat informasi yang jelas. Mengingat paten hanya digunakan untuk mengamankan ide atau kekayaan intelektual.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.