Piaggio Kalah Saat Menuntut Pabrikan China yang Meniru Desain Vespa LX

Piaggio Kalah Saat Menuntut Pabrikan China yang Meniru Desain Vespa LX
Selasa, 1 Oktober 2019 13:00
Brian

Piaggio sebagai perusahaan induk dari Vespa menuntut skuter pabrikan China, yakni Zhejiang Zhongneng Industry Group Co. Ltd. Pihak Piaggio menuduh Zhejiang telah melakukan plagiat desain skuter Vespa LX. Tuduhan itu dilaporkan ke Kantor Kekayaan Intelektual Eropa (EUIPO).

Dilansir dari Bikersrepublic, Selasa (1/10), Piaggio mengatakan kekayaan intelektual dari Skuter Vespa LX telah dilanggar oleh Zhejiang. Piaggio sendiri telah mengajukan gugatannya sejak tahun 2014. Namun bagi EUIPO membutuhkan waktu lama untuk memutuskan peradilan tersebut.

   Baca Juga: Soal Vespa 50 cc Hadir di Indonesia, Bisa Saja, Tapi.....

Pabrikan Italia itu menyatakan telah menjalankan bisnis sejak 1945 dan Vespa LX telah dipasarkan sejak tahun 2005. Zhejiang pun memasarkan skuternya di tahun yang sama dengan kehadiran Vespa LX. Sehingga itulah yang melandasi Piaggio bahwa Zhejiang meniru garis desain LX pada produk mereka.

Vespa LX125 2019

 

Namun demikian, pihak EUIPO tidak melihat hal yang dipermasalahkan oleh Piaggio. Mereka menyatakan sangat mudah untuk membedakan antara kedua skuter tersebut. Garis klasik Vespa LX lebih melengkung, sedangkan Zhejiang lebih mengkotak, sehingga tidak ada yang salah antara satu dengan yang lain.

   Baca Juga: Tahun Depan Vespa Elettrica Masuk Indonesia, Mungkinkah?

Pada akhirnya, pengadilan menolak klaim Piaggio atas plagiasi desain skuternya. Karena tidak ditemukan kemiripan yang berarti dari pabrikan China, sehingga tidak melanggar hak kekayaan intelektual Piaggio.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.