Pilih Jas Hujan Tak Bisa Sembarangan, ini Tipsnya

Pilih Jas Hujan Tak Bisa Sembarangan, ini Tipsnya
Kamis, 14 November 2019 11:00
Brian

Memasuki musim hujan, tentunya pengendara motor harus mempersiapkan jas hujan. Jas hujan menjadi penting mengingat alat ini mampu membuat pengendara tidak kebasahan saat perjalanan. Namun pembelian jas hujan kerap dianggap sepele oleh sejumlah orang, sehingga berakhir dengan membeli jas hujan yang salah.

Jusri Pulubuhu selaku Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan jas hujan yang tidak tepat dapat merugikan pengendara. Bahkan dari beberapa kasus, jas hujan yang tidak tepat dapat menyebabkan kecelakaan. Dirinya menyebutkan di lapangan banyak fakta kecelakaan terkait kesalahan jas hujan.

   Baca Juga: Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

"Jadi jas hujan itu harus tepat, terutama dari sisi bahannya. Bahannya harus gortex yang anti hujan alias waterproof. Kemudian dari sisi warna harus memilih warna yang terang, seperti putih, hijau stabilo, kuning, merah. Yang paling efektif itu putih dan hijau stabilo," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider, Rabu (13/11).

Jas Hujan

 

Menurut Jusri penggunaan warna gelap dapat mengakibatkan tidak terlihat oleh pengendara lain. Hal ini disebabkan karena hujan yang deras mampu menurunkan pengelihatan pengendara. Sehingga jas hujan berwarna gelap tidak dapat terlihat pengendara lain.

   Baca Juga: Rutin Cek Kondisi Rantai Ketika Musim Hujan

"Jangan pilih yang gelap seperti abu-abu, hitam, atau biru gelap. Mengapa? Karena ketika hujan visibilitas seseorang itu menurun. Sehingfa warna-warna gelap tadi tidak mudah dicerna oleh indra mata. Sehingga ini dapat menjadi ancaman bagi keselamatan," lanjutnya.

Selain bahan dan warna, bentuk jas hujan juga perlu menjadi perhatian. Pengendara motor disarankan menggunakan jas hujan berbentuk two pieces, alias dua potong terdiri dari celana dan baju. Jusri tidak menyarankan penggunaan jas hujan ponco atau yang dijadikan satu atau yang seharga Rp 5 ribuan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.