Porting Polish Bola Golf Lebih Bertenaga, Mitos atau Fakta?

Porting Polish Bola Golf Lebih Bertenaga, Mitos atau Fakta?
Rabu, 2 Juni 2021 13:00
Brian

Porting polish merupakan salah satu modifikasi pada silinder head yang dapat meningkatkan tenaga sepeda motor. Kini terdapat dua jenis porting polish yang umum di bengkel, yakni porting polish standar dan dimple bola golf. Lantas apa perbedaan antara kedua jenis porting polish tersebut?

Thomas William selaku Tuner Reisen Motoshop menyebutkan porting polish dimple bola golf memanfaatkan prinsip sebuah bola golf. Pada bola golf terdapat cekungan yang dirancang agar bola bisa terbang lebih jauh. Cekungan tersebut disebutkannya dapat meminimalisir gesekan udara.

   Baca Juga: Upgrade Ban Honda Scoopy, Apa yang Diperhatikan dan Berapa Ukuran Maksimalnya?

"Ternyata begitu dipasang di porting-an dengan dimple tersebut, ternyata gas speed-nya naik. Di RPM rendah speed-nya naik, walaupun di RPM tinggi ya hampir enggak ada perbedaan. Artinya dia membantu supaya bisa masukin udara lebih banyak, sehingga juga bisa masukin bahan bakar lebih banyak," ujar William saat ditemui OtoRider di Bekasi beberapa waktu lalu.

Porting Polish DImple

William menyebutkan prinsip sederhana motor pembakaran adalah begitu adanya ledakan itulah tenaga. Sehingga untuk menghasilkan tenaga yang besar, bahan bakar dan udaranya harus ditingkatkan. Dengan demikian ledakannya semakin besar dan menjadi tenaga yang mendorong piston untuk turun.

   Baca Juga: Upgrade Ban Yamaha Aerox, Harga Mulai Rp 300 Ribuan. Apa Saja Pilihannya?

"Kalau di RPM tinggi memang hampir enggak ada beda, tapi kalau di RPM rendah lebih terasa bedanya. Perbedaannya nanti torsinya terasa lebih tajam gitu," ungkap William.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.