Posisi Jok Tinggi, Berikut Cara Mudah Naik Motor Trail

Posisi Jok Tinggi, Berikut Cara Mudah Naik Motor Trail
Selasa, 23 Maret 2021 10:00
Brian

Motor trail kerap memiliki posisi jok yang lebih tinggi daripada motor rata-rata. Tentunya hal ini bisa menjadi masalah, terutama bagi pengendara yang tidak terlalu tinggi. Namun terdapat cara mudah untuk menunggangi motor trail.

Arief Muthia selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) menuturkan cara mudah menaiki motor trail. Arief memfokuskan pembahasannya pada kondisi yang beragam ketika menunggangi motor trail. Sehingga cara paling aman adalah dengan tetap memposisikan transmisi di percepatan pertama.

   Baca Juga: Langkah-Langkah Mengatasi Lampu Silau dari Kendaraan Lain

"Pertama, posisi pengendara sebaiknya di sebelah kiri motor karena akan memudahkan untuk melepas standar samping. Tapi sebelum itu, pastikan persneling gigi motor berada di posisi 1. Tujuannya agar motor tertahan dan tidak mundur atau maju," ujar Arief saat ditemui di Bogor beberapa waktu lalu.

Arief Muthia Yamaha WR 155R

 

Dengan dimasukkan gigi 1, ketika berada di jalur yang tidak rata ataupun menanjak motor tidak akan bergerak dari posisinya. Kemudian Arief menyarankan untuk emmbelokkan setang kekanan dan pegang rem depan. Untuk mulai menaikkan badan ke atas motor, pengendara bisa mendekatkan badan ke bagian setang.

   Baca Juga: Apa Saja Ubahan Modifikasi Vespa Primavera Sean Wotherspoon Milik Awkarin?

"Fungsi menekan rem ketika di trek terabas adalah supaya motor tidak jalan. Kemudian motor bisa langsung dinyalakan dengan menarik tuas kopling, karena masih di gigi 1. Dengan demikian pengendara bisa langsung jalan tanpa kaki kanan perlu untuk turun ke tanah," pungkas Arief.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.