<
 
Prediksi 2018: Suzuki GSX R150 Akan Dikalahkan Satria F150, Indikasi Sudah Terlihat!

Prediksi 2018: Suzuki GSX R150 Akan Dikalahkan Satria F150, Indikasi Sudah Terlihat!

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek Suzuki di Tanah Air boleh berbangga memiliki GSX R150 sebagai backbone penjualan. Pasalnya, sejak diluncurkan Februari tahun lalu, permintaan motor bergenre sport itu terus melonjak hingga ribuan dalam sebulan.

Namun, Apong Arfiansyah selaku pengamat industri otomotif yang juga CEO PT Ahza Global Strategis, perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan marketing dan IT punya analisa mengejutkan. "Kalau produksi Satria F150 tidak diturunkan di tahun ini, maka motor underhyperbone itu akan mengalahkan pasar GSX R150 yang selama ini mendominasi penjualan di jajaran motor Suzuki," jelasnya.

Pria yang pernah menduduki posisi strategis di Tata Motors dan Bajaj Auto Indonesia ini memberikan sejumlah fakta. "Penjualan GSX R150 di kuartal akhir tahun lalu semakin menurun, sedangkan Satria F150 semakin meningkat," tuturnya.

Suzuki Satria F150

Masih menurutnya, bahkan November tahun lalu, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Satria F150 sudah berhasil menduduki angka penjualan 1.117 unit. "Jadi di bulan November, Suzuki Satria F150 berhasil memperoleh angka penjualan 1.117 unit, sedangkan GSX R150 hanya 927 unit. Tren ini akan terus berlanjut, dan menjadi indikasi Satria F150 menjadi tulang punggung penjualan," jelasnya.

Pun begitu, SIS punya jawaban tersendiri menyoal tren penjualan yang menurun. Dalam hal ini  Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT. Suzuki Indomobil Sales, pernah utarakan kalau kebanyakan konsumen menahan diri untuk melakukan pembelian kendaraan dan akan melakukannya di tahun berikutnya, dengan alasan untuk mendapatkan unit berstatus produksi tahun terbaru, dalam hal ini konsumen menginginkan tahun produksi 2018.

"Maka kami mengambil tindakan preventif untuk menyesuaikan jumlah pendistribusian dan stock market akhir tahun 2017. Dipastikan unit produksi Suzuki tahun 2017 akan habis seluruhnya tanpa harus bertarung harga. Dengan demikian kami menguntungkan konsumen karena mereka mendapatkan tahun produksi unit yang masih segar dan jaringan penjualan di Dealer Suzuki pun tidak perlu bersusah payah untuk perang harga," bilangnya.

Kita tunggu hasilnya tahun ini!

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id