Rayakan Hari Pendidikan Nasional, Tiga Komunitas Gelar Baksos di Sekolah Terpencil

Rayakan Hari Pendidikan Nasional, Tiga Komunitas Gelar Baksos di Sekolah Terpencil
Senin, 8 Mei 2017 15:00
Ilham Pratama

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei, tiga komunitas berbeda bidang bersatu melakukan bakti sosial bertajuk Traveling and Teaching (TNT) ke sekolah terpencil.

Ketiga komunitas tersebut adalah 1000 Guru Jogja, Honda Megapro Club (HMPC) Chapter Kebumen dan Avanza Owners Indonesia (AVOID) Jogja. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, namun ada yang special untuk TNT kali ini karena diadakan serentak bertepatan dengan peringatan Hardiknas, selain itu ini merupakan kegiatan baksos dari 2 tahun HMPC Chapter Kebumen.

Bagi HMPC, hal ini untuk wujud bahwa tidak selamanya kegiatan klub motor dengan hal-hal yang hanya hura-hura saja. TNT sendiri adalah sebuah kegiatan sosial dimana para volunteer yang berpartisipasi akan mengajar siswa-siswi sekolah dasar di pedalaman dan memberikan donasi.

TNT yang berlangsung dari tanggal 5-7 Mei 2017 kemarin merupakan TNT ke 11. Sekolah dasar yang menjadi tujuan TNT ini adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Plumbon, Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Total partisipannya sekitar 47 orang.

tnt

Selain itu, apa yang menarik dari TNT ini adalah keterlibatan salah satu volunteer yang berkebangsaan Amerika, Stefi. Ketertarikannya untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia patut diapresiasi. Stefi bukan WNA pertama yang pernah mengikuti kegiatan TNT 1000 Guru, beberapa WNA lain pun juga ada yang turut merasakan mengajar siswa-siswi pedalaman di beberapa wilayah di Indonesia.

Tidak mudah bagi seluruh volunteer untuk dapat sampai ke sekolah tujuan, mengingat akses jalan menuju kesana masih tergolong sulit. Hal ini disebabkan masih banyaknya jalan berlubang, dan lain-lain. Tim berangkat dari Jogja sekitar pukul 21.30 WIB dan sampai Desa Plumbon, Karangsambung sekitar pukul 01.00.

Paginya, sekitar pukul 08.00 kegiatan baru dimulai. Rasa lelah setelah perjalanan malamnya, terbayar tuntas dengan sambutan para siswa, guru, serta warga disana. Antusiasme siswa untuk mendengarkan apa yang kami sampaikan, menjadi acuan semangat tersendiri bagi para tim volunteer untuk semakin menularkan ilmunya kepada mereka. Salut! (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.