Secercah Peluang Bangsa Indonesia Balapan di MotoGP Kembali Hadir

Secercah Peluang Bangsa Indonesia Balapan di MotoGP Kembali Hadir
Sabtu, 2 November 2019 13:00
Danu P Dirgantoro

Peluang bangsa Indonesia untuk balapan di MotoGP kembali terbuka. Pasalnya beberapa pembalap belia binaan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali lolos Asia Talent Cup musim tahun depan.

Pebalap binaan Astra Honda yang akan berlaga tersebut adalah Azryan Dheyo Wahyumaniadi (14), Herlian Dandi (12), dan Fadillah Arbi Aditama (14). Mereka bersaing dengan hampir 90 pebalap dari berbagai negara Asia, hingga mampu tembus 12 besar pebalap yang akan mengisi grid tahun depan. Dorna juga menyiapkan lima pebalap cadangan untuk dipertimbangankan.

Seleksi dipantau langsung Alberto Puig, mantan pebalap GP spesialis pencari bakat-bakat balap terpendam dari berbagai belahan dunia. Seleksi dibagi menjadi beberapa tahap. Sekitar 90 peserta seleksi dibagi menjadi enam grup untuk pencarian 30 besar yang mampu melaju paling cepat dalam beberapa putaran.

Asia Talent Cup 2020 seleksi CBR

 

Fase selanjutnya, dari 30 besar, diseleksi kembali menjadi 20 terbaik. Selanjutnya, diambil 12 besar dan 5 pebalap cadangan untuk mengisi slot tahun depan. Dheyo, Arbi, dan Dandi, mampu menunjukkan kemampuan terbaik di setiap fase tes dan dianggap layak bersaing tahun depan.

Dheyo, pebalap kelahiran Batam, punya catatan positif di dunia balap. Dia besar di arena motocross dengan menjadi juara nasional kelas 50 cc (2013) dan kelas 65 cc Novice (2015). Pada 2018, dirinya bergabung dengan AHRS dan menunjukkan kemampuan di atas rata-rata. Tahun ini, Dheyo digembleng di Thailand Talent Cup dan memenangi beberapa seri, dan bertengger di posisi keempat klasemen.

Asia Talent Cup 2020 seleksi CBR

 

Dandi, pebalap 12 tahun asal Tangerang, Banten, juga merupakan lulusan AHRS tahun 2018. Kemampuan menonjolnya membawa Dandi ke ajang Thailand Talent Cup tahun ini. Dia pun mampu bersaing di papan atas dan beberapa kali meraih podium. Klasemen sementara, Dandi berada di posisi kedua, menyisakan 2 seri, dan berpeluang besar juara.

Sementara itu, Arbi juga menjadi salah satu siswa terbaik AHRS sejak 2017. Ia telah belajar banyak membalap dengan Honda CBR150R, CBR250RR, hingga Honda NSF100 tahun ini. ATC 2019 menjadi ajang internasional pertamanya.

Tentunya slot berkompetisi di Asia Talent Cup 2020 menjadi kesempatan emas bagi para putra-putra belia ini. Memang, target masuk MotoGP masih sangat jauh dan berliku bagi para talenta muda ini, namun bukan tak mungkin semuanya bisa meneruskan ke jenjang balap internasional yang lebih tinggi hingga MotoGP. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.